Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selamat Tinggal Adobe Flash Player untuk Android

Kompas.com - 16/08/2012, 16:18 WIB

WSH/KOMPAS.COM ilustrasi

 

KOMPAS.com - Perusahaan pembuat software Adobe Systems telah menarik aplikasi Adobe Flash Player untuk Android dari toko aplikasi Google Play, pada Rabu (15/8/2012). Dengan ini, pengguna Android tak bisa lagi mengunduh Flash Player secara resmi.

Pengguna Android yang telah memasang Flash Player di smartphone-nya, tetap bisa menyimpan dan sesekali akan mendapat update patch keamanan.

Jika pengguna Android melakukan update sistem operasi ke Android 4.1 Jelly Bean, Adobe merekomendasikan untuk meng-uninstall Flash Player. Sebagai gantinya, Adobe menawarkan Adobe AIR dengan dukungan fitur Adobe Access DRM.

Adobe mengklaim, AIR menyediakan fitur yang sama dengan Flash Player untuk mendukung proses pemutaran video dari browser pernagkat Android. AIR bisa digunakan untuk perangkat bersistem operasi Android 2.2 Froyo dan versi di atasnya.

Para pengembang aplikasi Android yang selama ini mengandalkan Adobe Flash tetap dapat mengaksesnya di arsip Flash Player yang bisa diunduh di tautan ini.

Kehadiran teknologi web HTML5, secara tak langsung menggeser peran Flash Player. Rencana Adobe untuk menghentikan pengembangan Flash Player untuk Android, diumumkan pada November 2011, setelah Google mengumumkan sistem operasi Android 4.0 Ice Cream Sandwich.

Adobe akan fokus mengembangkan Flash Player untuk komputer pribadi (PC).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com