Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Akali Nihilnya Start Menu di Windows 8

Kompas.com - 29/08/2012, 16:49 WIB

KOMPAS.com - Samsung diberitakan berencana membundel aplikasi S-Launcher bersama PC all-in-one miliknya yang berbasis Windows 8.

S-Launcher adalah widget berupa "dock" untuk aplikasi yang muncul di desktop yang menyediakan akses ke shortcut dan setting komputer.

Widget ini juga dilengkapi dengan fungsi search untuk mencari program, seperti pada Start menu Windows 7.

Sama seperti taskbar pada Windows 7, pengguna juga dapat menempatkan shortcut untuk aplikasi (docking) pada widget Samsung S-Launcher.

Microsoft sebelum ini mengeluarkan pengumuman bahwa tombol  Start akan dihilangkan dari tampilan user interface Windows 8. Sebabnya, menurut Microsoft, adalah karena fungsi  tombol yang identik dengan Windows sejak Windows 95 tersebut sudah jarang dipakai pengguna.

Pada Windows 8, fungsi tombol Start digantikan oleh "Start Screen" baru yang berisi kolom-kolom shortcut.

Sejumlah vendor -termasuk Samsung- kemudian membuat aplikasi sendiri untuk mengsisi kekosongan fungsi yang ditinggalkan oleh tombol Start tersebut.

Meski praktis, beberapa pihak mengkritik S-Launcher karena tampilannya yang mirip dengan Dock pada sistem operasi Mac OS di komputer-komputer Appple.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com