Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Akuisisi Pesaing Instagram

Kompas.com - 18/09/2012, 17:10 WIB

KOMPAS.com - Google dikabarkan telah mengakuisisi perusahaan pembuat aplikasi penyunting foto untuk perangkat mobile, Snapseed.

Seperti dilansir Reuters, Nik Software yang memproduksi beberapa aplikasi mobile, salah satunya Snapseed telah dibeli Google, dengan nilai yang belum diumumkan, Senin (17/9/2012).

Snapseed sendiri merupakan aplikasi penyunting foto yang cukup populer di kalangan pengguna smartphone berbasis iOS, Mac, dan Windows.

"Kami ingin memudahkan pengguna Google dalam membuat foto yang mereka sukai dan menurut pengamatan (aplikasi) yang dimiliki Nik merupakan yang terbaik," tulis Vic Gundotra, senior vice president Google, di sebuah posting Google+, seperti dikutip dari Reuters.

Langkah pengakusisian Snapseed ini dilakukan Google sepertinya untuk menyaingi Facebook yang telah resmi mengakusisi Instagram.

Saat ini, Google dan Facebook sedang sengit bersaing di  area jejaring sosial. Masing-masing melengkapi "senjata" untuk merebut hati pengguna perangkat mobile, salah satunya dengan aplikasi editing foto.

Dalam hal ini, Facebook telah selangkah lebih maju dengan pembelian Instagram senilai hampir 1 miliar dollar. Tak ingin kalah bersaing, Google pun mengakuisisi Snapseed.

Meski tidak sepopuler Instagram, Snapseed memiliki beberapa keunggulan dibanding Instagram yang dapat dimanfaatkan Google.

Salah satu keunggulannya, Snapsheed merupakan aplikasi favorit pehobi fotografi karena fitur-fitur editing foto yang dimilikinya cukup lengkap. Bahkan, banyak pengguna menyebut Snapseed sebagai (Adobe) Photoshop versi mini/mobile.

Selain itu, aplikasi ini tak dibanderol gratis seperti Instagram. Di (Apple) App Store, aplikasi ini dijual cukup mahal, 4,99 dollar AS. Meski dibanderol cukup mahal, Nik Software menyebutkan Snapseed sudah memiliki lebih dari 9 juta pengguna.

Pada 2011 lalu, Snapseed pun sempat mendapat penghargaan "iPad App of the year" untuk fitur yang dimilikinya, yaitu antarmuka multitouch penyuntingan foto.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com