Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Game Matematika Antar Gamedev Madura Jadi Juara

Kompas.com - 18/10/2012, 11:40 WIB

Agate Studio

DEPOK, KOMPAS.com - Solite Studio, studio pengembang game asal Bangkalan, Madura, berhasil menyisihkan 253 studio lainnya dalam event Mobile Games Developer War 4 (MGDW) Rookie berkat karya mereka, Sakera Math. Imbalannya, mereka berhak membawa pulang hadiah sebesar Rp 30 juta dari kejuaraan tersebut.

Penganugerahan dilangsungkan di Perpustakaan Pusat Universitas Indonesia, Depok, Minggu (14/10) lalu. MGDW 4 Rookie sendiri digelar oleh Nokia Developer yang bekerja sama dengan Agate Studio, pengembang game yang berkantor di Bandung.

Sakera Math mengisahkan perjalanan seorang bocah bernama Sakera yang ingin menjadi ahli matematika dengan mengalahkan sebuah iblis melalui soal matematika. Perjalanan tersebut membawa Sakera mengelilingi kota-kota di Pulau Madura seperti Bangkalan atau Sumenep, maupun obyek-obyek penting di Madura. Permainannya didominasi side scrolling tapi dengan konten pendidikan yang cukup melimpah.

Solite Studio yang melahirkan Sakera Math diisi empat orang yakni Asadullohil Ghalib selaku produser, Tony Wijaya sebagai game designer, Miftah Alfiansyah sebagai programmer, dan M Bagus Muslim selaku artist. Permainan ini hanya bisa dinikmati menggunakan handset milik Nokia dengan tipe Asha 303, Asha 200, C3, dan C5.

"Kemenangan Solite Studio bukan hanya disebabkan keunggulan dari segi artistik maupun gameplay, kekompakan tim bakal menjadi modal berharga bagi mereka untuk bertahan dalam dunia industri game yang sebenarnya," kata Narendra Wicaksono, Developer Manager Nokia South East Asia yang juga menjadi juri dalam MGDW 4 Rookie.

Selain Rookie Game of the Year 2012, terpilih pula pemenang favorit yakni 17-an The Game yang dibuat oleh Sundae Cola, developer game asal Depok. Permainan tersebut mereka ulang permainan tradisional yang dimainkan pada perayaan hari kemerdekaan RI seperti panjat pinang, balap karung, maupun makan kerupuk.

Kompetisi MDGW telah memunculkan beberapa pengembang dari berbagai daerah, seperti Aksara Games dari Jakarta, Own Games dari Bandung, Creacle Studio dari Yogyakarta, maupun Chocoarts dari Depok. 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com