Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Microsoft Ditinggal Perancang Windows 8

Kompas.com - 13/11/2012, 10:44 WIB


KOMPAS.com — Steven Sinofsky, orang yang selama ini bertanggung jawab atas pengembangan produk-produk andalan Microsoft, mengundurkan diri dari perusahaan perangkat lunak raksasa itu, Senin (12/11/2012).

Ia merupakan otak di balik pengembangan sistem operasi Windows 8 dan dahulu memimpin divisi software perkantoran Office.

Dalam siaran pers dari Microsoft, Sinofsky menyatakan kekagumannya kepada seluruh karyawan Microsoft. "Tak mungkin menghitung berkat yang telah saya terima selama bertahun-tahun bekerja di Microsoft. Saya kagum dengan profesionalisme dan kemurahan hati semua orang yang bekerja di perusahaan yang amat mengagumkan ini," ujar Sinofsky.

Sementara itu, CEO Microsoft Steve Ballmer berterima kasih kepada Sinofsky karena telah memberi begitu banyak kontribusi untuk perusahaan.

Selanjutnya, posisi Sinofsky akan diganti oleh dua orang sekaligus. Julie Larson-Green akan dipromosikan memimpin pengembangan rekayasa perangkat lunak dan perangkat keras Microsoft. Sementara Tami Reller menjabat sebagai kepala pejabat finansial dan kepala pejabat pemasaran.

Sinofsky bergabung di Microsoft sejak Juli 1989 sebagai pemrogram perangkat lunak. Sejak 2009 hingga mengundurkan diri, Sinofsky menjabat sebagai Presiden Divisi Windows dan Windows Live Microsoft. Ia bertanggung jawab atas produk Windows Live, Internet Explorer, dan Windows.

Sebelum dipercaya menangani produk Windows, Sinofsky punya pengalaman panjang mengembangkan Office. Sejak Unit Produk Office dibuka pada 1994, Sinofsky bertanggung jawab sebagai direktur manajemen program dan memimpin desain teknologi untuk Microsoft Office 95, Microsoft Office 97, Microsoft Office 2000, hingga Microsoft Office 2003.

Ia juga bertanggung jawab dalam hal pengembangan Microsoft Office 2007, yang berhasil meraih sukses di pasar global. Produk ini terbilang revolusioner karena mengusung tampilan antarmuka pita baru (ribbon user interface) dan menyediakan format penyimpanan file yang lebih efisien (.docx, .pptx, .xlsx, dan lainnya).

Sinofsky menerima gelar sarjana sains di Universitas Cornell pada 1987 dan gelar master ilmu komputer Universitas Massachusetts Amherst pada 1989. Pria kelahiran 1965 ini punya gaya berpakaian yang khas. Ia sering terlihat mengenakan sweater dengan kerah model "V" dan kaus di dalamnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com