Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Siri di Mac OS X Terbaru?

Kompas.com - 21/11/2012, 06:45 WIB

Apple.comApple Siap Luncurkan Mac OS X 10.7 Lion bulan Juni 2011

KOMPAS.com - Apple dikabarkan kembali berencana menanamkan fitur yang diambil dari iOS ke dalam sistem operasi desktop miliknya, Mac OS X.

Seperti diungkapkan oleh sumber yang dikutip situs 9to5mac, versi 10.9 dari sistem operasi komputer Macintosh itu diperkirakan akan dilengkapi dengan fitur "asisten pribadi" Siri yang juga melengkapi perangkat-perangkat iPhone dan iPad terbaru.

Di platform iOS, Siri hanya tersedia di perangkat-perangkat iPhone, iPad, dan iPod Touch tertentu. Komputer Mac sendiri pada sistem operasi Mac OS X 10.8 (Mountain Lion) sudah memililki fitur Dictation yang menggunakan infrastruktur dan sumberdaya hardware yang mirip dengan Siri.

Selain itu, Apple juga disebut berencana menambahkan fitur Apple Maps di sistem operasi Mac OS X 10.9. Layanan peta dari Apple yang satu ini banyak menuai kritik karena tidak sebagus Google Maps yang digantikannya.

Nantinya, developer aplikasi bisa mengintegrasikan maps dalam aplikasi yang dijual di Mac App Store.

Apple telah mengintegrasikan fitur-fitur iOS ke dalam beberapa versi terakhir sistem operasi Mac OS X. Pada Mac OS X 10.7 (Lion), Apple menambahkan Launchpad, peluncur aplikasi  yang tampilannya mirip dengan interface perangkat iOS.

Pada Mac OS X 10.8 (Mountain Lion), Apple mengintegrasikan lebih banyak fitur dari iOS, termasuk Notification Center, AirPlay, Dictation, Game Center, Reminders, Notes, dan iCloud.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com