Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lewat Iklan, LG Sindir Apple dan Samsung

Kompas.com - 26/11/2012, 17:10 WIB


KOMPAS.com — Perusahaan elektronik LG menyatakan diri tak ingin terlibat dalam "perang" yang belakangan ini mewarnai bisnis perangkat mobile. Pertempuran paten paling panas saat ini terjadi antara Apple dan Samsung.

Dalam sebuah iklan di media massa The New York Times dan Wall Street Journal, yang mempromosikan ponsel pintar Optimus G berbasis Android, LG menegaskan bahwa mereka adalah perusahaan yang tak ingin bersengketa hak paten dalam industri perangkat mobile. "Kami membuat ponsel, bukan peperangan."

"Inovasi yang sebenarnya berasal dari kolaborasi. Itulah sebabnya kami memilih untuk bekerja dengan beberapa perusahaan terbaik dalam industri ini. Tanpa upaya bersama, ponsel Optimus G kami tidak pernah bisa mencapai banyak prestasi teknis."

Secara tak langsung, ini merupakan usaha LG membedakan diri dari perusahaan pembuat ponsel lain yang sibuk dengan gugatan paten.

LG memandang bahwa kolaborasi dengan perusahaan lain adalah kunci melakukan inovasi. Meski demikian, ini tetaplah iklan komersial untuk mempromosikan Optimus G.

Diketahui, ada tiga produsen Android yang sempat berkasus dengan Apple, yaitu Samsung, HTC, dan Motorola Mobility. Perusahaan-perusahaan ini sibuk dengan aksi saling gugat.

Namun, pada 10 November 2012, Apple dan HTC berdamai, dengan mengumumkan perjanjian kerja sama paten secara global dan perjanjian lisensi selama 10 tahun mendatang.

LG bukanlah perusahaan yang sepenuhnya bersih dari aksi gugat-menggugat hak paten teknologi. LG tercatat beberapa kali bersengketa paten dengan Samsung, yang sama-sama berasal dari Korea Selatan.

Sengketa di antara keduanya sering terjadi dalam teknologi layar perangkat elektronik, mengingat keduanya masuk daftar produsen layar terbesar di dunia.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com