Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Layar IdeaPad Yoga Bisa Ditekuk 360 Derajat

Kompas.com - 30/11/2012, 07:22 WIB

KOMPAS.com/Deliusno Lenovo IdeaPad Yoga diperkenalkan pertama kali pada Kamis (29/11/2012)

JAKARTA, KOMPAS.com - Perangkat Convertible, komputer desain baru yang memadukan fungsi Ultrabook dan tablet, berbasis Windows 8 mulai membanjiri pasar Indonesia. Setelah Samsung memperkenalkan Convertible dengan nama Ativ Smart PC, kini giliran Lenovo yang meluncurkannya. Perangkat Convertible milik Lenovo tersebut dinamakan IdeaPad Yoga.

Lenovo mengklaim IdeaPad Yoga sebagai Ultrabook multi-mode pertama di dunia. Perangkat ini hadir dengan desain dua-engsel yang memungkinkan empat posisi, Lenovo sebenarnya lebih senang menyebutnya sebagai modus, dibandingkan posisi - dalam satu komputer. Posisi-posisi tersebut adalah Ultrabook, tablet, stand, dan tent.

"Fungsi dari IdeaPad Yoga ini tidak hanya untuk Ultrabook dan tablet saja, tetapi juga bisa berlaku seperti stand dan tent," kata Helmy Susanto, 4P & Distribution Manager - Consumer Business Lenovo Indonesia, di Jakarta, Kamis (29/11/2012).

Penggunaan dua-engsel membuat layar IdeaPad Yoga dapat ditekuk hingga 360 derajat. Posisi layar seperti ini membuat Yoga dapat digunakan seperti perangkat tablet.

Dalam posisi layar yang sedang ditekuk 360 derajat, keyboard Yoga secara otomatis akan mati. Menurut Helmy, hal tersebut sengaja diatur agar tidak terjadi salah tekan saat digunakan dalam modus tablet.

Selain itu, layar Yoga juga dapat diputar hingga 180 derajat. Lenovo menyebut posisi tersebut sebagai stand.

"Modus stand cocok digunakan di pesawat. Posisi ini dapat digunakan untuk melakukan presentasi kepada klien dan juga menonton video," jelas Helmy.

Lenovo Yoga dalam posisi Tent

Sama seperti namanya, posisi tent mirip seperti sebuah tenda segitiga. Dalam posisi ini, pengguna diklaim lebih nyaman dalam menonton video dan membaca e-book.

IdeaPad Yoga pertama kalinya diperkenalkan pada ajang CES 2012 di Amerika Serikat. Di AS, perangkat ini sudah dipasarkan dengan harga mulai 1199 dollar AS. Sedangkan di Indonesia, Lenovo belum menyebutkan harga resmi perangkat tersebut.

IdeaPad Yoga memiliki layar multi-touch berukuran 13.3 inci. Perangkat yang satu ini memiliki tebal 16,9 milimeter dan berat 1,47 kilogram. Yoga memiliki RAM hingga 8GB dan SSD 256GB.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com