Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nokia Bantah Ingin Adopsi Android

Kompas.com - 04/12/2012, 07:52 WIB

Here Here, layanan peta digital berbasis komputasi awan buatan Nokia

KOMPAS.com - Iklan lowongan pekerjaan pengembang perangkat lunak Linux untuk Nokia yang dipublikasi di LinkedIn, Jumat (30/11/2012), memunculkan spekulasi bahwa Nokia ingin mengadopsi Android. Beberapa hari berselang, rumor itu dibantah oleh Nokia.

Media Relations Nokia Doug Dawson, membantah rumor itu melalui situs jejaring sosial Twitter, Minggu (2/12/2012). Dalam kicauannya, Dawson mengatakan, perekrutan pengembang perangkat lunak Linux dilakukan untuk mengembangkan aplikasi peta digital Here.

Nokia memang mempublikasi lowongan pekerjaan "Software Engineer Principal, Embedded Linux Middleware." Karyawan yang direkrut akan bekerja di lingkungan perusahaan rintisan (startup) digital untuk mengembangkan teknologi ponsel pintar dan produk baru yang menarik.

Seperti diketahui, peta digital Here dirancang untuk semua perangkat dan sistem operasi mobile, termasuk Android, yang inti programnya (kernel) berbasis Linux.

Tak hanya Android, Nokia juga merancang Here untuk sistem operasi mobile iOS milik Apple dan Windows Phone.

Perusahaan asal Finlandia ini menjalin hubungan eksklusif dengan Microsoft untuk sistem operasi Windows Phone. Lumia adalah keluarga ponsel pintar Nokia yang berbasis Windows Phone.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com