Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nvidia Resmi Perkenalkan Tegra 4

Kompas.com - 07/01/2013, 14:14 WIB

theverge.com


KOMPAS.com —
Setelah bocorannya beredar selama beberapa waktu, Nvidia pada Minggu malam (6/1/2013) waktu AS atau Senin pagi waktu Indonesia, resmi memperkenalkan prosesor mobile Tegra 4, penerus Tegra 3 yang antara lain digunakan di tablet Google Nexus 7 dan smartphone HTC One X.

Prosesor ini merupakan yang pertama kali menerapkan (4 buah) core CPU berbasis arsitektur ARM A15. Keempat core CPU dalam Tegra 4 dipadukan dengan 72 core GPU yang diklaim bisa memberikan kinerja hingga enam kali lebih cepat dibandingkan dengan pendahulunya, Tegra 3.

"Tegra 4 adalah prosesor mobile terkencang di dunia saat ini," ujar CEO Nvidia Jen-Hsun Huang dalam konferensi pers pada ajang CES 2013 yang memuat perkenalan Tegra 4, seperti dikutip dari The Verge.

Dia mengklaim Tegra 4 lebih kencang daripada prosesor Apple A6X dalam iPad generasi keempat.

theverge.com

Fitur andalan lain adalah kompatibilitas dengan teknologi 4G LTE dari Nvidia dan dukungan Nvidia Computational Photography Architecture yang memungkinkan pengguna mengambil gambar foto High Dynamic Range (HDR) dalam satu kali jepretan, yang disebut sebagai Nvidia One Shot HDR.

Lebih tepatnya, kamera pada perangkat Tegra 4 mengambil dua gambar dalam waktu 0,2 detik untuk dikombinasikan menjadi sebuah gambar dengan retang dynamic range yang luas. "Jauh lebih cepat dibandingkan dengan iPhone 5 yang membutuhkan waktu 2 detik," ujar Jen-Hsun.

Kecepatan pengambilan gambar ini diklaim bisa menghilangkan masalah bayangan pergerakan obyek yang kerap muncul pada foto HDR.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com