Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nokia Masih Buka Harapan untuk Android

Kompas.com - 09/01/2013, 12:08 WIB

nokiaandme Ilustrasi

KOMPAS.com - Pada akhir Oktober 2012 lalu, tersiar kabar mengenai dibukanya lowongan pekerjaan untuk pengembang perangkat lunak Linux oleh Nokia. Publikasi ini memunculkan spekulasi, Nokia serius pada pengembangan sistem operasi Android, yang inti programnya (kernel) berbasis Linux.

Beberapa hari berselang, rumor ini langsung dibantah oleh Nokia. Menurut Doug Dawson, Media Relation Nokia, perekrutan pengembang perangkat lunak (developer) Linux dilakukan untuk mengembangkan aplikasi peta digital Here.

Spekulasi mengenai penggunaan sistem operasi Android di perangkat Nokia pun mulai mereda.

Namun, beberapa bulan berselang, rumor seputar kemungkinan penggunaan Android di perangkat Nokia kembali berkembang. Kali ini, bos besar Nokia sendiri, Stephen Elop, yang mengembangkan spekulasi tersebut.

Dikutip dari situs teknologi Gizmodo, Rabu (9/1/2013), dalam sebuah wawancara dengan media asal Spanyol El Pais, Elop menyatakan, Nokia saat ini masih mengandalkan Windows Phone sebagai senjata mereka dalam bersaing di pasaran smartphone. Namun, mereka sudah mulai memikirkan pengembangan proyek selanjutnya.

"Kami selalu memikirkan apa yang akan datang kemudian, apa yang akan menjadi peran dari HTML 5, Android. HTML5 bisa membuat platform sendiri, menjadi Android, Windows Phone atau yang lainnya, tidak relevan di masa depan, tetapi ini terlalu cepat (untuk dikatakan). Hari ini kami berkomitmen dan puas dengan Microsoft, tetapi apa pun tetaplah mungkin," ungkap Elop.

Sangat logis memang apabila Nokia melirik platform lain, mengingat kerjasama antara perusahaan asal Finlandia tersebut dengan Microsoft tidaklah eksklusif. Namun, pengucapan kalimat "apa pun tetap mungkin" oleh Elop dinilai cukup mengejutkan setelah baru menyatakan komitmennya terhadap Windows Phone 8.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com