Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penikmat "Jailbreak" Capai 22 Juta Perangkat

Kompas.com - 24/01/2013, 08:17 WIB

ijailbreak.com Tampilan proses jailbreak menggunakan program Absinthe A5 pada perangkat mobile Apple

KOMPAS.com - Jailbreak memang sudah ditetapkan sebagai suatu proses yang legal oleh pemerintah AS. Namun, Apple tetap saja tidak menyetujui proses ini dilakukan di produk-produk milik mereka.

Pasalnya, semua produk yang berhasil di-jailbreak bisa menikmati aplikasi-aplikasi dari pihak ketiga yang tidak disetujui Apple. Hal ini, menurut Apple, merupakan suatu hal yang berbahaya. Ya, para penjahat cyber dapat dengan mudah menyelipkan script berbahaya ke sebuah aplikasi dan biasanya, tanpa sadar konsumen akan mengunduh aplikasi ini.

Namun, tetap saja para konsumen tidak terlalu khawatir akan ancaman keamanan tersebut. Masih banyak para pemilik perangkat berbasis iOS yang memutuskan untuk membuat perangkat mereka "terbebas dari penjara".

Hal tersebut terbukti dari banyaknya pengguna Cydia, sebuah aplikasi pihak ketiga yang hanya dapat digunakan di perangkat iOS yang sudah di-jailbreak.

Menurut Jay Freeman, pembuat Cydia, dalam waktu 2 bulan belakangan ini saja sudah terdapat lebih dari 20 juta perangkat, tepatnya 22.780.029 perangkat iOS yang terdeteksi menggunakan aplikasi ini. Perangkat yang sudah ter-jailbreak ini tidak hanya terdiri dari produk iPhone saja, tetapi iPod Touch dan iPad.

iPhoneHacks

 

Dikutip dari iPhonehacks, Rabu (23/1/2013), terdapat 34,9 persen perangkat iPhone 4 yang menggunakan Cydia dalam waktu 2 bulan belakangan ini, diikuti dengan iPhone 4S di angka 20,4 persen dan iPhone 3GS dengan 11,9 persen.

Proses jailbreak dapat memberi beberapa keuntungan. Misalnya, performa perangkat Apple akan lebih cepat karena pengguna dapat menghapus aplikasi bawaan yang dianggap kurang penting. Pengguna juga bisa meng-install berbagai custom theme.

Jika pengguna merasa perangkat yang sudah di-jailbreak kurang nyaman digunakan, maka pengguna dapat mengembalikan kondisi seperti semula melalui fitur restore dari iTunes. Perlu diingat, jailbreak akan menghilangkan garansi resmi dari Apple.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com