Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Xperia Bakal Punya Fitur Mirip iPhone

Kompas.com - 05/02/2013, 17:02 WIB

oik yusuf/ kompas.com

KOMPAS.com - Sony mengumumkan akan meluncurkan sebuah fitur terbaru yang dinamakan "My Xperia", Senin (4/2/2013). Fitur ini mirip dengan layanan "Find My Phone" buatan Apple yang memiliki fungsi untuk membantu penggunanya menemukan ponsel mereka yang hilang atau dicuri.

Namun, layanan ini belum bisa dinikmati oleh seluruh pengguna Xperia. Hadir dalam versi beta, My Xperia hanya bisa digunakan di perangkat Xperia Acro S saja. Itu pun baru di wilayah Eropa Utara.

Setelah perangkat tersebut, Sony Mobile berencana untuk membawa layanan tersebut ke semua perangkat Xperia, minimal sudah berbasis Android 4.0 Ice Cream Sandwich, yang diluncurkan pada tahun 2012 lalu.

Secara global, Sony Mobile berencana untuk menghadirkan layanan My Xperia pada kuartal 2 tahun 2013. Kemungkinan besar, layanan ini sudah akan hadir di perangkat terbaru seperti Xperia Z, yang diperkenalkan pada ajang CES 2013.

Dikutip dari Pocket Lint, layanan ini kemungkinan besar akan mudah untuk digunakan. Pengguna bisa mengaktifkan My Xperia langsung melalui bagian "Setting".

Setelah menyalakan fitur ini, pengguna dapat melakukan login dengan menggunakan akun Google mereka melalui situs myxperia.sonymobile.com. Melalui situs tersebut, pengguna dapat melihat lokasi di mana ponsel mereka berada melalui peta, mengeluarkan notifikasi suara pada ponsel, mengunci ponsel, dan menghapus data internal maupun eksternal.

Apple juga menawarkan layanan yang sama dengan My Xperia melalui fitur Find My Phone. Selain itu, terdapat juga beberapa aplikasi yang terdapat di App Store dan Google Play Store yang juga menawarkan layanan yang serupa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com