Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesaing Lebih Lambat, AMD Tunda Radeon HD8000

Kompas.com - 19/02/2013, 15:14 WIB

VR-Zone AMD Radeon HD 7970


KOMPAS.com - Setelah informasinya sempat simpang-siur beberapa lama, minggu lalu AMD mengklarifikasi bahwa chip GPU seri Radeon HD 8000 baru akan dirilis menjelang awal tahun 2014.

Perusahaan ini berencana memperkenalkan serangkaian produk berbasis "teknologi baru" untuk mengisi semua segmen pasar pada kuartal keempat 2013.

Hingga saat itu, AMD akan memfokuskan diri mendorong penjualan GPU seri Radeon HD 7000 yang telah ada sejak 2011 lalu. Beberapa model baru dari seri ini akan dirilis pada pertengahan 2013.

AMD memang sudah meluncurkan GPU mobile Radeon HD8000M pada CES 2013 bulan lalu, tetapi seri chip ini menggunakan basis arsitektur Radeon seri HD7000 yang mendapat sejumlah peningkatan dan dinamai ulang.

Never Settle

Mengenai keputusan untuk tetap mengandalkan GPU Radeon HD7000 sepanjang 2013, AMD mengatakan bahwa kinerja GPU tersebut masih lebih tinggi dibanding pesaingnya, GeForce GTX 600 dari Nvidia.

Selain itu, penjualan GPU seri Radeon HD7000 dianggap sedang menanjak. Volume penjualan seri ini pada Januari 2013, misalnya, lebih tinggi dibanding periode-periode waktu lainnya pada 2012, termasuk musim liburan akhir tahun.

"Dengan penjualan yang sedang naik seperti ini, meluncurkan seri produk baru adalah tindakan yang prematur," ungkap seorang pejabat AMD yang dikutip PCWorld.

www.pcworld.com

Naiknya penjualan GPU seri Radeon HD7000 sebagian merupakan kontribusi promo "Never Settle" di mana AMD bekerjasama dengan sejumlah produsen game ternama untuk membundel judul-judul game terkini dengan beberapa produk kartu grafis berbasis HD7000.

Belakangan, perusahaan tersebut memperkenalkan promo "Never Settle: Reloaded" yang menawarkan code download Crysis 3 dan BioShock Infinite untuk pembeli kartu gratis berbasis GPU Radeon HD 7900.

Ketika ditanya soal rencana GeForce GTX Titan, andalan baru Nvidia yang kabarnya akan dirilis dalam waktu dekat, wakil presiden korporat dan kepala pemasaran global AMD Roy Taylor hanya mengatakan bahwa AMD akan menunggu kedatangan andalan baru pesaingnya itu.

"Ketika sudah datang, maka kami akan menanganinya, tapi kami percaya bahwa AMD akan tetap menjadi yang terdepan," ujar Taylor.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com