Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dropbox Diserbu 1 Miliar "File" Setiap Harinya

Kompas.com - 28/02/2013, 14:51 WIB

Ilustrasi

 

KOMPAS.com — Jumlah data atau file yang diunggah oleh para pengguna layanan penyimpanan berbasis cloud Dropbox mencapai angka satu miliar setiap harinya.

Hal tersebut diungkapkan oleh Drew Houston, CEO Dropbox, di sela-sela ajang Mobile World Congress (MWC) 2013 di Barcelona, Spanyol, Rabu (27/2/2013).

Dikutip dari The Next Web, Kamis (28/2/2013), jumlah tersebut dua kali lebih banyak dari jumlah tweet yang dilakukan setiap harinya. Sebagai catatan, pada Oktober 2012 lalu, pihak Twitter mengungkapkan, jumlah rata-rata "kicauan" yang di-posting setiap harinya mencapai angka setengah miliar.

Lebih lanjut, Houston memaparkan, sekitar 100 juta pengguna Dropbox mengakses layanan tersebut dari 500 juta perangkat di seluruh dunia. Saat ini, pihak Dropbox menargetkan ada 150 juta perangkat tambahan yang mengakses layanan mereka sepanjang tahun 2013 ini.

Klaim pencapaian tersebut seperti ingin menunjukkan, Dropbox tidak terpengaruh terhadap pesaing-pesaing mereka yang ada di pasaran.

Saat ini, Dropbox memang tidak sendirian dalam menyediakan layanan peyimpanan berbasis cloud. Dropbox harus menghadapi pesaing dari perusahaan besar, seperti Google (Drive), Apple (iCloud), dan Microsoft (SkyDrive).

Sebagai bahan perbandingan, jumlah pengguna iCloud sendiri sudah mencapai angka 250 juta. Meski begitu, Apple belum pernah membeberkan besaran jumlah file yang diunggah setiap harinya ke layanan iCloud.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com