Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anak Borong di App Store, Uang Orangtua Dikembalikan

Kompas.com - 28/02/2013, 16:40 WIB

Apple Apple App Store

KOMPAS.com - Apple membuat kebijakan baru untuk pasar Amerikat Serikat (AS). Jika seorang anak membeli aplikasi atau item virtual lain di Apple App Store tanpa izin orang tua, Apple siap mengembalikan uang si orang tua.

Kebijakan ini bermula dari gugatan hukum yang ditujukan kepada Apple di AS. Seorang warga bernama Garen Meguerian, melaporkan putrinya yang berusia 9 tahun telah membeli puluhan item virtual senilai 200 dollar AS dari App Store dan dari aplikasi yang telah terpasang.

Pembelian secara tidak sengaja oleh anak-anak paling sering terjadi ketika sedang memainkan game, kemudian ditawarkan membeli sesuatu di dalam aplikasi tersebut (in-app purchase). Jika anak tak sengaja memilih untuk membeli suatu item, secara otomatis tagihan kartu kredit orang tua akan bertambah.

Seperti diketahui, aplikasi, konten digital, dan item virtual di App Store serta iTunes bisa dibeli melalui kartu kredit yang telah didaftarkan di akun Apple ID.

Kuasa hukum Meguerian mengatakan, Apple tidak memberi perlindungan berlapis dalam hal pembelian item virtual dan aplikasi. Hanya dengan sekali klik, anak-anak bisa langsung membeli item virtual tanpa harus memasukkan password.

Apple janji memperketat sistem pembelian aplikasi dan item virtual di App Store. Password harus dimasukkan setiap kali ingin membeli aplikasi. Setelah melewati proses hukum, Apple bersedia memberi kompensasi.

Diusulkan, jika terbukti anak-anak tidak sengaja membeli, Apple mengembalikan 5 dollar AS untuk pembelian di bawah 30 dollar AS. Jika pembelian tidak sengaja oleh anak bernilai di atas 30 dollar AS, maka Apple akan mengembalikan sepenuhnya.

Kebijakan ini hanya berlaku untuk pasar AS. Belum ada informasi lebih lanjut soal kompensasi di luar pasar AS. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com