Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Kepribadian Ganda" BlackBerry akan Hadir di Android dan iPhone

Kompas.com - 15/03/2013, 07:35 WIB

KOMPAS.com - BlackBerry akan menawarkan solusi keamanan mobile yang memisahkan data personal dan bisnis untuk ponsel Android dan iPhone. Fitur yang diberi nama Secure Work Space ini, membuat ponsel seakan memiliki dua kepribadian.

Dengan Secure Work Space dari BlackBerry, ponsel Android dan iPhone bisa diaktifkan dalam profil personal, dan profil bisnis. Pengguna dapat mengelompokan aplikasi dan data dalam kedua profil tersebut.

Solusi keamanan itu masuk dalam layanan BlackBerry Enterprise Service 10. Secure Work Space diklaim memberi jaminan keamanan aplikasi untuk email, kalender, kontak, pekerjaan, memo, mengedit dokumen, hingga berselancar internet.

Bagian IT di sebuah perusahaan dapat mengelola data dan aplikasi yang dikelompokan dalam profil bisnis di ponsel karyawan. Namun, bagian IT tak dapat mengakses data dan aplikasi yang dikelompokkan dalam profil personal, termasuk foto, video, game dan sebagainya yang bersifat pribadi.

Layanan ini tak memerlukan konfigurasi VPN atau gateway yang rumit untuk aplikasi yang berada di belakang firewall sebuah perusahaan. BlackBerry menyasar target pengguna dari kalangan perusahaan dan pemerintahan.

Di sistem operasi BlackBerry 10, fitur macam ini diberi nama BlackBerry Balance. "Dengan Secure Work Space untuk Android dan iOS, kami memperluas fitur ini untuk platform lain dalam tren Bring Your Own Device (BYOD)," kata David J. Smith, Executive Vice President Mobile Enterprise Computing BlackBerry, seperti dikutip dari Reuters, Kamis (14/3/2013)

Informasi lengkap soal Secure Work Space akan dipaparkan dalam sebuah acara BlackBerry bulan Mei mendatang di Orlando, Florida, AS. Sedangkan solusi Secure Work Space versi beta, mulai tersedia pada akhir kuartal kedua tahun 2013.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com