Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BlackBerry Incar Fulus di Android dan iPhone

Kompas.com - 15/03/2013, 15:31 WIB

KOMPAS.com - BlackBerry mencoba mencari pendapatan tambahan dari platform Android dan iOS. Perusahaan menawarkan solusi keamanan Secure Work Space untuk Android dan iPhone, yang membuat penggunanya bisa mengaktifkan ponsel dalam profil personal dan bisnis.

Fitur baru tersebut dapat menarik minat segmen korporasi dan pemerintahan untuk memakai solusi Secure Work Space. Karena selama ini, BlackBerry dianggap memberi jaminan keamanan tingkat tinggi.

Analis Peter Misek dari lembaga riset Jefferies berpendapat, solusi keamanan di platform lain bisa membawa traksi untuk BlackBerry di tahun ini, dan meningkatkan pendapatan di tahun depan. Jasa ini jadi salah satu yang menopang bisnis BlackBerry.

Secure Work Space termasuk dalam layanan BlackBerry Enterprise Service 10, akan tersedia pada akhir kuartal kedua tahun 2013.

Pengguna yang memakai Secure Work Space, dapat mengelompokkan data dan aplikasi dalam profil personal, dan profil bisnis. Secure Work Space diklaim memberi jaminan keamanan aplikasi untuk email, kalender, kontak, pekerjaan, memo, mengedit dokumen, hingga berselancar internet.

Fitur semacam ini juga ada dalam sistem operasi BlackBerry 10, yang disebut BlackBerry Balance. Sementara itu, Samsung juga memiliki fitur serupa bernama Knox.

Intinya, layanan semacam ini memungkinkan bagian IT di sebuah perusahaan mengelola data dan aplikasi yang dikelompokan dalam profil bisnis di ponsel karyawan. Namun, bagian IT tak dapat mengakses data dan aplikasi yang dikelompokkan dalam profil personal, termasuk foto, video, game dan sebagainya yang bersifat pribadi.

"Secure Work Space menawarkan enkripsi end-to-end yang sama untuk data, seperti yang kita tawarkan pada layanan BlackBerry bertahun-tahun lalu," tegas Kepala Software Enterprise BlackBerry Peter Devenyi, seperti dikutip dari Reuters, Kamis (14/3/2013).

Meski BlackBerry telah kehilangan sejumlah pangsa pasarnya secara global, perusahaan masih fokus pada solusi keamanan. Beberapa perusahaan dan pemerintahan memang telah berpaling ke Android dan iPhone, tapi BlackBerry mencari celah bisnis agar tetap mendapat keuntungan dari segmen tersebut. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com