Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terungkap, Data Penjualan Tablet Surface

Kompas.com - 16/03/2013, 15:12 WIB

Microsoft Tablet Microsoft Surface dengan cover ber-keyboard.

 

KOMPAS.com - Sejak diluncurkan pada akhir tahun 2012 lalu, Microsoft belum memberikan angka pasti mengenai hasil penjualan perangkat tablet Surface. Banyak yang menduga, Microsoft enggan mengumumkan hal tersebut karena kurang lakunya produk tablet ini di pasaran.

Kira-kira, berapa perangkat tablet Surface yang telah terjual hingga saat ini?

Untuk menjawabnya, situs Phone Arena mencoba mengoreknya dengan menanyakannya kepada tiga orang yang dekat dengan informasi ini. Ketiga orang ini tidak mau disebut namanya karena Microsoft belum secara resmi membeberkan hasil penjualan Surface.

Menurut tiga orang tersebut, secara total, jumlah tablet Surface yang terjual di pasaran telah mencapai angka 1,4 juta unit.

Secara detail, sudah ada 1 juta perangkat Surface versi RT yang laku terjual di seluruh dunia. Surface RT merupakan perangkat tablet yang dilengkapi dengan chip berbasiskan ARM.

Produk yang satu ini bersaing dengan beberapa perangkat tablet lain yang sudah ada di pasaran, seperti Apple iPad dan Android.

Untuk produk Surface Pro sendiri, ketiga orang tersebut menyatakan, sudah ada sekitar 400.000 unit yang telah laku di pasaran. Surface Pro merupakan tablet dengan "jeroan" yang sama dengan notebook pada umumnya. Produk tersebut dilengkapi dengan prosesor berbasis x86 dari Intel.

Surface merupakan tablet buatan Microsoft, yang mendapat kritik dari mitra pembuat perangkat keras. Microsoft yang selama dikenal sebagai perusahaan penyedia perangkat lunak (software), telah bergerak ke bisnis perangkat keras (hardware). Ini berarti, Microsoft Surface akan bersaing dengan para produsen komputer lain.

Perusahaan asal Taiwan, Acer, adalah perusahaan yang paling keras mengkritik langkah Microsoft membuat Surface.

Sayang, Microsoft tidak berencana menjual Surface di Indonesia. Tablet Windows 8/Windows RT yang beredar di Indonesia adalah produk dari para mitra Microsoft seperti Samsung, Sony, Dell, HP, dan sebagainya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com