Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gamedev Indonesia Tak Kalah Jago Dibanding Asing

Kompas.com - 19/03/2013, 16:45 WIB
Seminar bertema Gamechanics yang berlangsung di Bandung, pada Selasa (19/3/2013).

BANDUNG, KOMPAS.com - Game buatan pengembang (developer) asal Indonesia ternyata memiliki kualitas yang baik. Bahkan, kualitasnya tidak kalah dari game buatan pengembang asal luar negeri.

Hal tersebut disimpulkan oleh Lolly Amalia Abdullah, Direktur Kerjasama dan Fasilitas Direktorat Jenderal Ekonomi Kreatif Berbasis Desain, Media, dan IPTEK Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, saat ia harus "mengawal" dua kelompok anak muda yang berkunjung ke negara Prancis.

Pada saat itu, kedua kelompok ini harus memamerkan game hasil karya mereka di sebuah pameran di negara tersebut.

Hasilnya ternyata cukup mencengangkan. Para peserta pameran banyak yang memuji hasil karya mereka. Tidak sedikit pula yang menyebut kualitasnya tidak jauh berbeda dari buatan developer luar.

"Bahkan, awalnya banyak yang tidak percaya kalau game ini buatan Indonesia. Namun, setelah dijelaskan, mereka akhirnya mengerti bahwa game ini adalah buatan Indonesia," ujar Lolly kepada KompasTekno, dalam acara Gamechanics di Bandung, pada Selasa (19/3/2013).

Ekosistem

Jika sudah memiliki kualitas yang baik, mengapa game buatan pengembang asal Indonesia masih belum bisa berbicara banyak?

Menurut Lolly, ekosistem yang belum terlalu baik, merupakan alasan di balik masalah tersebut.

Untuk meningkatkan mutu ekosistem ini pun tidak terlalu mudah. Dibutuhkan kerjasama dari semua komponen yang berkepentingan agar dapat menyelesaikan masalah ini.

Hingga saat ini, pihak pemerintah pun sudah berupaya untuk meningkatkan mutu dari ekosistem tersebut. Salah satunya adalah dengan berbagai proyek pendanaan melalui sponsor.

Dalam acara Gamemechanic, dibahas berbagai potensi maupun arah pengembangan industri game Indonesia untuk persiapan bertarung di tingkat internasional.

Terdapat juga acara seminar untuk memperkenalkan perspektif baru dalam mengimplementasikan game tidak sekadar untuk bersenang-senang, tapi juga untuk tujuan yang serius. Tujuannya, game bisa menjadi media penyampai pesan atau bahkan membuka peluang bisnis yang baru.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com