Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengguna Apple, Paling Puas Sedunia

Kompas.com - 24/03/2013, 13:01 WIB


KOMPAS.com Smartphone buatan produsen apakah yang paling membuat puas penggunanya? Menurut lembaga riset konsumen J.D Power & Associates, jawabannya adalah Apple berkat produk iPhone.

Hal tersebut diungkapkan dalam laporan semi tahunan J.D Power & Associates yang dipublikasikan pada Kamis (21/3/2013) lalu. Ini merupakan yang kesembilan secara berturut-turut, Apple iPhone meraih posisi pertama sebagai smartphone yang paling memuaskan di mata pengguna.

J.D Power & Associates meneliti kepuasan pengguna berdasarkan aspek performa, desain fisik, fitur, dan kemudahan dalam memakai. Hasil penilaian disajikan dalam skala tertinggi 1.000 poin, dengan Apple mencetak skor 855.

Nilai tertinggi Apple ada di kategori desain dan kemudahan pakai produknya.

Urutan kedua ditempati Nokia yang mencetak angka 796. Selanjutnya, secara berurutan, ada Samsung, Motorola, HTC, LG, dan BlackBerry.

Lembaga itu mencatat bahwa skor rata-rata tingkat kepuasan konsumen terhadap para produsen ini mengalami peningkatan sejak penelitian sebelumnya pada akhir 2012.

Lalu, bagaimana dengan ponsel tradisional (non-smartphone)? Menurut J.D Power & Associates, produsen ponsel tradisional yang paling memuaskan pengguna adalah LG, disusul oleh Nokia, Sanyo, dan Samsung.

J.D Power & Associates

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com