Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Internet Putus, Twitter Smartfren Banjir Komplain

Kompas.com - 26/03/2013, 14:15 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Matinya layanan internet dari operator CDMA Smartfren menimbulkan berbagai reaksi di linimasa Twitter.

Menurut pengamatan KompasTekno, Selasa (26/3/2013), sangat banyak akun Twitter yang mengeluhkan putusnya koneksi internet pada jaringan tersebut.

 

Ada juga pengguna yang mengeluhkan, walaupun internet tidak dapat terhubung, pulsa tetap terpotong.

Pihak Smartfren pun berusaha menjawab kerisauan para pengguna Smartfren melalui salah satu akun Twitter resminya, @Smartfrencare.

Pihak Smartfren sendiri sudah memberikan konfirmasinya mengenai masalah ini. Menurut Chief Technology Officer Smartfren, Merza Fachys, tidak optimalnya layanan internet Smartfren ini disebabkan putusnya kabel bawah laut di sekitar Pulau Bangka dan Batam.

Merza menjelaskan, kabel bawah laut itu putus pada Jumat, 15 Maret lalu, karena terkena jangkar kapal. Saat itu, Smartfren masih dapat melayani internet karena perusahaan memiliki cadangan jaringan dari jalur darat Trans Sumatera di bagian barat dan timur.

Akibatnya, pelanggan tidak mendapatkan bandwidth internet. Meski demikian, lanjut Merza, layanan seluler telepon, SMS, dan BlackBerry Messenger dari Smartfren masih berjalan baik.

"Internet lokal tidak ada masalah. Yang sulit adalah mengakses website luar," jelasnya.

Pihak Smartfren pun mengaku sudah menggunakan jaringan pihak ketiga untuk mengatasi masalah ini. Sayangnya, jaringan tersebut pun dari pihak ketiga itu terputus juga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com