Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/04/2013, 10:20 WIB
Deliusno

Penulis

KOMPAS.comGoogle dikabarkan sedang melakukan negosiasi untuk mengakuisisi WhatsApp. Nilai pembelian aplikasi pesan instan ini disebut bakal mencapai jutaan dollar AS.

Informasi yang pertama kali dilansir oleh situs DigitalTrends ini diungkap oleh sumber tepercaya dari internal perusahaan. Pembicaraan antara Google dan WhatsApp sudah dimulai dari empat atau lima minggu yang lalu.

WhatsApp disebutkan berusaha mencari cara agar mendapat nilai akuisisi yang lebih tinggi. Angka penawaran dari Google saat ini dikabarkan sudah mendekati angka 1 miliar dollar AS atau sekitar Rp 9,6 triliun.

Pengakusisian WhatsApp ini sudah diprediksi sejak awal akan mencetak nilai jutaan dollar AS, setelah Instagram dibeli Facebook tahun lalu.

Bila tahun 2012 adalah tahunnya aplikasi berbagi foto, maka tahun ini aplikasi pesan instanlah yang jadi primadona. Tahun 2013 ini, aplikasi pesan instan, seperti Line, WeChat, KakaoTalk, dan WhatsApp, makin gencar menambah jumlah penggunanya.

Rencana pembelian WhatsApp ini bisa disebut "jalan pintas" Google untuk bersaing dengan Facebook dan pesan-pesan instan lainnya.

Sebenarnya Google sudah memiliki segalanya untuk layanan komunikasi, kecuali aplikasi messaging. Hal ini pernah diakui Product Manager Google, Nikhyl Singhal, bulan Juni tahun lalu. Ia mengatakan, aplikasi pesan instan telah membuat "lubang" yang besar dalam strategi mobile dari Google.

Rumornya, Google Babble akan menggabungkan WhatsApp dengan beberapa layanan komunikasi yang berbeda dari Google di bawah satu atap.

Sampai berita ini diturunkan, pihak Google dan WhatsApp belum mengeluarkan pernyataan apa pun soal rumor ini.

WhatsApp merupakan aplikasi chatting yang memungkinkan pengguna berbeda platform, misalnya, antara Android, BlackBerry, Windows Phone, dan iOS, mengirim pesan serta file gambar, suara, dan video.

Saat ini, WhatsApp disebut sudah memiliki lebih dari 100 juta pengguna aktif yang setiap harinya saling berkirim pesan. Akhir Oktober lalu, WhatsApp mengumumkan sebuah rekor dalam jumlah pesan yang dikirimkan oleh para penggunanya, yaitu 10 miliar pesan dalam satu hari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com