Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bagaimana Cara Melacak BlackBerry 10 yang Hilang?

Kompas.com - 08/04/2013, 18:28 WIB

Crackberry

KOMPAS.com — Saat ini, mungkin orang lebih memilih untuk kehilangan dompet daripada ponsel. Mengapa? Ponsel-ponsel yang ada sekarang banyak digunakan untuk menyimpan pelbagai data penting, seperti data yang tersimpan di e-mail atau dokumen lainnya, yang mungkin tidak bisa tergantikan oleh uang.

Nah, bagi para pemilik perangkat berbasis sistem operasi BlackBerry 10, kehilangan perangkat boleh jadi bukan hal yang menakutkan lagi. Semua ini bisa terjadi berkat hadirnya fitur BlackBerry Protect.

Dengan menggunakan fitur ini, pengguna memiliki kemampuan untuk mengunci (lock), menghapus data, memberi peringatan, hingga melacak perangkat dari jauh.

Pengguna juga dapat melakukan back-up data ke cloud sehingga bisa mendapatkan kembali informasi penting apabila terjadi kehilangan perangkat.

Menariknya, BlackBerry Protect tersedia sebagai fitur standar di setiap perangkat BlackBerry 10. Artinya, fitur tersebut sudah langsung tersedia di perangkat BlackBerry 10.

Cara penggunaan

Saat pengguna menyalakan produk BlackBerry 10 untuk kali pertama, mereka akan diminta membuat atau log-in ke akun BlackBerry ID. Setelah selesai, dengan menggunakan akun ini, pengguna sudah bisa langsung mengaktifkan fitur BlackBerry Protect.

Setelah mengaktifkannya, pengguna dapat menjalankan semua fungsi BlackBerry Protect melalui situs protect.blackberry.com.

Dalam situs tersebut, pengguna bisa melihat lokasi terakhir dari perangkat BlackBerry 10 mereka. Dengan menggunakan jasa Bing Maps, keberadaan smartphone yang hilang itu bisa dideteksi.

Namun, fitur yang satu ini memanfaatkan GPS dari perangkat BlackBerry 10 sehingga, apabila perangkat kehilangan sinyal, maka mungkin saja sistem akan sedikit sulit dalam melacak ponsel.

Selain itu, pengguna juga dapat membuat smartphone "berteriak" menggunakan fitur Play Sound.

Fitur yang juga bisa dijalankan melalui situs BlackBerry Protect ini akan membuat perangkat tersebut mengeluarkan bunyi yang cukup kencang selama beberapa detik.

Ini sangat berguna ketika smartphone yang hilang masih berada di dekat si pemilik.

Jika tidak ada lagi harapan, maka langkah terakhir yang bisa dilakukan adalah mengunci smartphone atau mengunci semua data.

Satu-satunya kekurangan dari fitur BlackBerry Protect ini adalah tidak dimungkinkannya back-up data secara nirkabel. Proses tersebut hanya bisa dilakukan melalui software khusus BlackBerry 10.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com