Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Motorola Siapkan Android "Lawan Arus"

Kompas.com - 19/04/2013, 11:37 WIB

Motorola Lini smartphone Droid Razr dari Motorola

KOMPAS.com - Tren layar smartphone bergerak ke arah ukuran yang semakin membesar. Tengok saja Galaxy Mega dari Samsung yang memiliki ukuran layar super besar, mencapai 5,8 inci. Produsen-produsen lain pun tak ketinggalan menelurkan perangkat berukuran jumbo.

Biarpun begitu, rupanya tak semua pemain di industri ini rela tunduk pada tren tersebut. Contohya Motorola yang terang-terang menyatakan diri bakal melawan arus. Caranya dengan tidak membuat perangkat yang "lebih besar", melainkan "lebih baik".

"Ada orang yang suka layar besar, tapi banyak juga yang ingin smartphone yang 'pas'. Saya pikir 'pas' di sini penting, makanya kami merancang ponsel agar tidak mengecewakan orang-orang tersebut," ujar kepada desain Motorola Jim Wicks, seperti dikutip PC Magazine.

Motorola adalah produsen ponsel yang diakuisisi Google bulan Mei tahun 2012 lalu. Setelah merilis lini smartphone Razr berbasis Android, pabrikan ini sekarang sedang merancang ponsel pintar baru di bawah "bimbingan" Google.

Kabarnya pula, smartphone Nexus seri berikutnya dari Google bakal dibikin oleh Motorola.

Nah, supaya ukuran layarnya tetap memuaskan, Motorola berusaha meminimalisir ukuran bezel (bingkai) di sekeliling layar. Tujuannya supaya layar bisa terlihat besar meskipun perangkatnya berukuran kecil. "Ibaratnya TV saja, pasti Anda tak mau menonton frame-nya," imbuh Wicks.

Bukan cuma meminimalisir ukuran, Motorola juga berusaha melawan arus lewat penerapan beberapa hal lain, termasuk meminimalisir jumlah bloatware (software pre-installed) dan menghindari "perang spesifikasi hardware".

"Kami percaya caranya adalah dengan lebih memikirkan konsumen, bukannya spesifikasi. Menggembar-gemborkan spesifikasi itu cara gampangnya, saya pikir itu bukan jawaban," tukas Wicks.

Seperti apakah smartphone "ideal" ala Motorola ini nanti? Mari kita tunggu kemunculannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com