Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Jeroan" Google Glass Mirip Motorola Droid Bionic

Kompas.com - 30/04/2013, 11:24 WIB

KOMPAS.com - Keterangan mengenai spesifikasi teknis Google Glass sebenarnya telah beredar beberapa waktu lalu, tapi ketika itu ada dua komponen yang belum diketahui, yaitu prosesor dan kapasitas memori.

Nah, duet orang hacker Jay Lee dan Liam McLoughlin berhasil mengungkap identitas dua hardware tersebut dengan menjalankan Android Debug Bridge (ADB) di Google Glass.

Kacamata pintar dari Google ini ternyata memakai prosesor dual-core Texas Instrument OMAP 4430 dengan RAM sebesar 682 MB. Sistem operasinya adalah Android 4.0.4.

Tidak semua informasi mengenai dua komponen itu berhasil dikuak. Lee mengaku kesulitan mengetahui clockspeed dari prosesor milik Google Glass, lalu jumlah RAM disebutnya mungkin lebih mendekati 1GB.

Prosesor TI OMAP 4430 memiliki frekuensi kerja resmi sebesar 1,2 GHz, tetapi ada kemungkinan angka tersebut diturunkan oleh Google untuk meningkatkan daya tahan baterai.

Spesifikasi ini, seperti dikutip dari Geek.com, mirip dengan smartphone Droid Bionic dari Motorola. Boleh jadi pula, Google Glass dibangun menggunakan komponen-komponen yang sama dengan ponsel pintar yang diakuisisi oleh Google tersebut.

Droid Bionic sebenarnya produk Motorola lawas yang diluncurkan pada tahun 2011 silam. Apakah Google Glass menggunakan komponen sisa dari smartphone ini?

Yang tak kalah menarik, McLoughlin mengatakan bahwa Google Glass bisa di-root dengan mudah, cukup dengan menggeser switch "debug mode" dan memasukkan perintah reboot bootloader.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com