Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Facebook Blokir Akses Path

Kompas.com - 07/05/2013, 15:35 WIB

Path Path

KOMPAS.com - Facebook menutup akses pencarian teman atau "Find Friends" dari jejaring sosial Path. Ini berarti pengguna Path tak dapat mencari dan mengundang teman yang ada di Facebook untuk bergabung di Path.

Facebook belum memberi pernyataan resmi terkait pemblokiran ini. Namun, situs web teknologi TechCrunch berpendapat, Path dinilai mengirim pesan yang tak diharapkan (spam) kepada pengguna di Facebook untuk mengajak gabung di Path. Hal ini baru terjadi pada aplikasi Path terbaru yang dirilis pada Minggu (5/5/2013).

Meskipun demikian, pengguna masih bisa masuk ke Path dengan akun Facebook. Pengguna yang mempublikasi momen di Path juga masih bisa membaginya ke Facebook.

Kehilangan koneksi dari Facebook bisa menjadi pukulan besar bagi Path. Walau bagaimanapun, Facebook adalah jejaring sosial terbesar di dunia yang daftar kontak penggunanya bisa dimanfaatkan untuk menambah jumlah pengguna Path.

Hampir semua layanan jejaring sosial internet dan media sosial memiliki akses ke Facebook. Pada Maret 2013 lalu, Facebook baru saja memutus akses ke layanan pesan instan MessageMe. Kemungkinan besar, aplikasi tersebut dianggap menyaingi Facebook Messenger.

Pendiri Path Dave Morin mengatakan kepada AllThingsD, pihaknya tak tahu mengapa Facebook mengambil pilihan memutus akses Find Friends untuk Path. "Kami tentu berharap Facebook memungkinkan pengguna untuk terhubung dengan teman-teman mereka di Path, dan dengan aplikasi mitra lain di masa mendatang," kata Morin yang tak lain adalah mantan karyawan Facebook.

Ia menambahkan, fitur Find Friends selama ini memberi kontribusi tak lebih dari 5 persen untuk menarik pengguna baru Path.

Setelah tak diberi dukungan oleh Facebook, Path kini menjalin kerjasama dengan Twitter dan GMail. Kendati demikian, menurut Morin, kerjasama ini belum tentu bisa mengundang banyak pengguna untuk bergabung di Path. 

Path, secara tak langsung berhasil menyerang kelemahan Facebook. Morin menjaga eksklusivitas layanan Path dengan membatasi jumlah jejaring pertemanan maksimal 150 orang. Jumlah itu dinilai ideal dan mengembalikan arti berjejaring yang sesungguhnya.

Path, yang kini memiliki 9 juta pengguna, hanya tersedia untuk perangkat iOS dan Android. Perusahaan ini masih dalam tahap merintis dan masih mencari model bisnis yang tepat untuk mendulang keuntungan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com