Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Adobe Pindahkan Photoshop ke "Awan"

Kompas.com - 10/05/2013, 10:19 WIB

Adobe


KOMPAS.com - Adobe mengumumkan hal yang mungkin mengejutkan pelaku industri desain dan kreatif. Paket software Creative Suite yang berisi sejumlah aplikasi grafis, desain, dan video, di masa mendatang hanya akan tersedia secara "berlangganan" melalui layanan Creative Cloud dari Adobe.

Ini berarti, Creative Suite 6 (CS 6) adalah edisi terakhir yang bisa dibeli dalam bentuk paket installer dengan harga flat (perpetual licensing).

Di masa depan, pengguna Photoshop, Premiere, Illustrator dan lain-lain harus membayar biaya bulanan sebesar 30 dollar AS untuk mengakses salah satu software, atau 50 dollar AS untuk mengakses seluruh paket suite dengan jumlah yang sama seperti dalam CS6 Master Collection.

Layanan Creative Cloud sendiri sudah diperkenalkan sejak 2012 lalu dan sejauh ini berhasil mengumpulkan sekitar setengah juta pelanggan.

Anti-pembajakan?

Langkah Adobe ini disinyalir berkaitan dengan upaya pencegahan pembajakan software, dikarenakan paket software dalam Creative Cloud harus berkomunikasi dengan server tiap kali dijalankan. Sehingga, sangat sulit diakses untuk pengguna yang memperoleh software dengan cara ilegal.

CEO Adobe Shantanu Narayen mengakui bahwa pihaknya akan diuntungkan jika bisa menekan angka pembajakan, dengan memindahkan paket software Adobe sepenuhnya ke platform cloud. Kendati berbasis cloud, Narayen mengatakan bahwa paket software Creative Cloud masih bisa berjalan tanpa koneksi internet karena tetap ter-install secara lokal di komputer pengguna.

"Hal tersebut memungkinkan kami memberi tawaran berbeda di pasar negara berkembang yang berbeda-beda pula, tanpa harus khawatir dengan grey market," ujarnya dalam konferensi tahunan Max di Los Angeles, Senin (6/4/2013), seperti dikutip dari Mashable.

Walau berpotensi mengurangi angka software ilegal, Adobe juga mengatakan bahwa pembajakan bukanlah faktor utama yang mendorong perusahaan mengambil keputusan ini.

Model berlangganan disebut lebih bersahabat dengan konsumen yang tidak bisa menjangkau harga paket Creative Suite tradisional. Harga paket Creative Suite Adobe memang bisa mencapai kisaran Rp 20 juta untuk seri Master Collection.

Insinyur Adobe pun lebih mudah menyalurkan update lewat penggunaan aplikasi dengan model berlangganan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com