Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menjajal Laptop Pertama dengan Radeon HD 8000

Kompas.com - 23/05/2013, 09:03 WIB

oik yusuf/ kompas.com

KOMPAS.com - Di tengah-tengah serbuan komputer jinjing tipis, laptop "konvensional" masih tetap berjaya dengan menawarkan keunggulan tersendiri, utamanya dari sisi spesifikasi teknis yang tak terbatas ruang sempit serta harga yang lebih bersahabat.

Dua hal itulah yang digabungkan Acer dalam Aspire E1-451G, laptop berharga relatif terjangkau yang turut dilengkapi komponen hardware mumpuni, termasuk sebuah "discrete graphics" Radeon HD 8750M.

Aspire E1-451G sekaligus menjadi laptop pertama di Indonesia yang dibekali dengan kartu grafis Radeon seri HD 8000. Seperti apa kinerjanya? Ikuti ulasan berikut.

Desain

acer_aspire_e1-451g_laptop

Dengan bentang layar 14 inci dan desain konvensional, Aspire E1-451G tampak seperti laptop biasa pada umumnya. Sekilas tak ada yang yang menonjol dari penampilan produk ini kecuali dua stiker warna merah yang memuat logo Vision AMD dan Radeon di bagian palmrest.

Unit Aspire E1-451G yang diterima Kompas Tekno dilabur warna hitam mengkilap dengan tekstur garis bergelombang yang menyelubungi seluruh tubuh laptop, termasuk bagian palmrest dan touchpad.

acer_aspire_e1-451g_laptop2

Dengan ketebalan di atas 3 cm dan bobot mencapai kisaran 2,3 kg, kehadiran Aspire E1-451G akan langsung "terasa" begitu dimasukkan ke dalam tas.

Karena relatif tebal, laptop ini pun masih menyertakan optical drive berupa DVD-RW combo drive. Dengan begitu, penggunanya bisa menonton koleksi film DVD serta membaca dan menulis file ke media cakram optis.

acer_aspire_e1-451g_sides2

Tak seperti model laptop tipis yang kadang terpaksa mengorbankan jenis konektor tertentu demi menekan ukuran fisik, Aspire E1-451G menyertakan deretan port input/output yang cukup lengkap.


acer_aspire_e1-451g_sides

Berdampingan dengan drive DVD, di sisi kanan terdapat:
- 1 buah konektor USB 2.0
- 1 buah konektor output jack audio 3,5mm
- 1 buah konektor microphone input 3,5 mm

Sementara di sisi kiri memuat deretan port berikut:
- 1 buah konektor ethernet (RJ-45)
- 1 buah konektor output D-SUB (VGA
- 1 buah konektor output HDMI
- 1 buah konektor USB 2.0
- 1 buah konektor USB 3.0

Ada pula sebuah slot SD-card reader yang ditempatkan di sisi depan, di dekat touchpad.

Layaknya laptop konvensional, penutup casing bagian bawah milik Aspire E1-451G dapat dilepas di beberapa bagian untuk mengakses komponen internal. Sebuah baterai 6 cell berkapasitas 4400 mAh terpasang di sisi belakang, di antara kedua engsel layar. Baterai ini bisa dilepas dan ditukar apabila dirasa perlu.

acer_aspire_e1-451g_bottom

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com