Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"BlackBerry Resmi Hanya dari 3 Distributor"

Kompas.com - 04/06/2013, 21:05 WIB

BANDUNG, KOMPAS.com - BlackBerry Indonesia belakangan ini diterpa isu banyaknya ponsel BlackBerry ilegal atau black market yang beredar di Tanah Air. Menanggapi hal itu, BlackBerry melakukan edukasi pasar agar konsumen hanya membeli produk dari tiga distributor resmi di Indonesia.

Senior Country Product Manager BlackBerry Southeast Asia, Ardo Fadhola mengatakan, ketiga distributor tersebut adalah PT Teletama Artha Mandiri (TAM), PT Comtech Selular, dan PT Surya Citra Multimedia (SCM).

"Jadi tolong belilah BlackBerry dari distributor resmi kami, yaitu TAM, Comtech Seluler, dan SCM. Di luar itu bukan distributor resmi kami, bukan produk jaminan dari kami," tegas Ardo.

Seperti diketahui, Kementerian Perdagangan menyatakan belum mengeluarkan izin edar untuk produk BlackBerry Q10 dan Z10. Sehingga dua model produk BlackBerry tersebut dilarang beredar di Indonesia.

Pihak BlackBerry Indonesia mengatakan telah bertemu dengan perwakilan Kementerian Perdagangan dan menjelaskan masalah ini. "Kami sudah jelaskan kalau produk dari tiga distributor kami itu semuanya lewat jalur resmi, lewat jalur hukum yang benar," kata Ardo di sela acara peluncuran BlackBerry Q10 di Bandung, Selasa (4/6/2013).

Jika konsumen membeli produk yang dipasok dari tiga distributor resmi itu, BlackBerry menjamin produk itu benar-benar baru. Komponen perangkat keras dan perlengkapan seperti baterai serta earphone, juga dijamin keasliannya.

"Kami juga memberi jaminan layanan purna jual. Seperti garansi dua tahun, perbaikan, dan penggantian produk kalau kerusakan bukan disebabkan oleh pengguna," terang Ardo.

Jika ada produk yang dijual jauh lebih murah dari harga pasar, sepatutnya konsumen menaruh curiga karena bisa jadi ada komponen atau perlengkapan yang tidak orisinal. Jika sudah begini maka yang dirugikan adalah konsumen.

BlackBerry Indonesia mengaku tak dapat mengontrol peredaran produk ilegal. Contohnya BlackBerry Q10, produk ini baru akan dipasarkan secara resmi pada 27 Juni 2013. Namun, sebelum tanggal tersebut, ada beberapa pedagang yang telah menjual BlackBerry Q10 dari distributor tidak resmi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com