Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Stiker XL "Sulap" Ponsel Jadi Duit

Kompas.com - 12/06/2013, 18:55 WIB

Aditya Panji/KompasTekno Operator seluler XL Axiata

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah mengoperasikan layanan pembayaran elektronik XL Tunai, operator seluler XL Axiata sekarang sedang menyiapkan XL Tunai Tap & Go. Layanan ini membuat ponsel seperti uang elektronik (e-money).

XL Tunai Tap & Go merupakan stiker yang bisa ditempel di bagian belakang ponsel. Ini bukan sembarang stiker, karena telah diprogram untuk melakukan pembayaran elektronik.

Senior GM m-Finance Technology, Content & New Business XL Axiata, Yessie D. Yosetya, menjamin keamanan bertransaksi dengan XL Tunai Tap & Go. "Stiker tersebut akan diprogram dan di-pairing dengan nomor ponsel pelanggan XL," ujarnya dalam jumpa pers di acara Indonesia Cellular Show 2013, Rabu (12/6/2013).

Pelanggan terlebih dahulu harus mengisi saldo akun XL Tunai. Jika melakukan transaksi, cukup tempelkan ponsel selama beberapa saat ke alat mesin pembaca transaksi elektronik. Nantinya, saldo XL Tunai akan terpotong senilai pembayaran yang dilakukan.

"Dengan begini pelanggan bisa cepat melakukan transaksi, tinggal tab lalu bisa langsung pergi," tambah Yessie.

Layanan XL Tunai Tap & Go baru bisa digunakan pada September 2013. Rencananya, mesin pembaca XL Tunai Tap & Go akan tersedia di 500 restoran cepat saji dan pasar swalayan di Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com