Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Microsoft Cabut Aturan "Kaku" Xbox One

Kompas.com - 20/06/2013, 09:56 WIB

Engadget Xbox One beserta controller hadir dalam desain baru

KOMPAS.com — Microsoft telah membuat sebuah keputusan penting terkait konsol gaming terbarunya, Xbox One. Berdasarkan berbagai kritikan yang diterimanya, Microsoft akhirnya mengubah peraturan yang mengharuskan pengguna online setidaknya sekali dalam 24 jam.

Artinya, konsol tidak harus online sekali dalam 24 jam. Xbox One hanya membutuhkan koneksi internet saat pengaturan (set-up) untuk pertama kalinya saja.

Sekadar informasi, dari peraturan sebelumnya, pengguna harus menghubungkan Xbox One setidaknya sekali dalam 24 jam. Pengecekan ini dilakukan untuk verifikasi konsol dan game yang akan dimainkan.

Dalam blog resmi Xbox, Don Mattrick, President Interactive Entertainment Business Microsoft, juga mengungkapkan, disc game Xbox One akan berfungsi sama seperti di Xbox 360. Tidak ada batasan untuk meminjamkan atau menjual kembali game second/bekas.

"Tidak ada batasan untuk menggunakan atau berbagi game. Ini akan bekerja sama seperti pada Xbox 360," tulis Mattrick.

Maksud dari "sama dengan Xbox 360" adalah pengguna harus memasukkan disc ke dalam tray selama permainan berlangsung. Sebelumnya, Microsoft mengizinkan penggunanya untuk meng-install game ke dalam hard disk. Dengan cara ini, pengguna dapat memainkan game langsung melalui hard disk, tanpa lagi membutuhkan disc.

Dikutip dari The Verge, Kamis (20/6/2013), Microsoft juga mencabut peraturan region lock. Artinya, setiap disc dari region apa pun dapat dimainkan di konsol Xbox One mana pun.

Dengan dicabutnya beberapa peraturan yang dianggap "mengganggu" ini, peperangan konsol masa depan antara Microsoft dan Sony tampaknya baru akan dimulai. Siapa yang akan menjadi pemenang? Kita tunggu saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com