Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berharap pada Jejaring Sosial Kesehatan

Kompas.com - 24/06/2013, 13:07 WIB

KOMPAS.com - Adanya informasi kesehatan online berbasis cloud computing diharapkan bisa membantu masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan.

Demikian diungkapkan Sekjen Kementerian Kesehatan, dr Supriyantoro, dalam pengenalan jejaring sosial kesehatan di kantor Kementerian Kesehatan, Jakarta, 23 Juni 2013.

"Jejaring ini akan sangat bermanfaat untuk personal dan institusi pemerintahan sebagai rekomendasi informasi kesehatan nasional," ujarnya penuh harap.

Tentunya saat ini kondisinya masih belum ideal. Layanan diperkenalkan dalam acara itu, AwanKesehatan.com, agaknya masih dalam tahap awal.

Konsepnya, AwanKesehatan bisa jadi pusat informasi dan jejaring kesehatan. Baik untuk mendapatkan layanan kesehatan di saat sakit maupun menjaga kesehatan di saat sehat.

Informasi yang nantinya diharapkan bisa tersedia termasuk dokter, rumah sakit, klinik, apotik, puskesmas hingga tempat olahraga.

Dalam keterangan tertulisnya, disampaikan juga bahwa layanan itu nantinya bisa digabungkan dengan asuransi atau bantuan kesehatan dari pemerintah.

Bahkan, pengelolanya berencana menerapkan informasi kinerja pelayanan kesehatan sehingga pemerintah bisa memberikan respons yang sesuai.

AwanKesehatan.com merupakan pengembangan dari IndiHealth.com, salah satu tenant dari Lembaga Pengembangan Inovasi dan Kewirausahaan, Institut Teknologi Bandung. Layanan ini juga masuk dalam jaringan Padmanaba Network, jejaring alumni SMAN 3 Yogyakarta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com