Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Facebook Home Kesulitan Cari "Rumah"

Kompas.com - 25/06/2013, 12:38 WIB

engadget.com

KOMPAS.com - Facebook Home adalah aplikasi custom launcher untuk Android. Melalui aplikasi ini, pembuatnya ingin hadir di segala macam smartphone tanpa harus membuat perangkat sendiri.

Tapi kini mimpi tersebut agaknya makin jauh dari kenyataan. Facebook Home sepertinya kesulitan menemukan "rumah" yang bisa ditinggali.

Seperti dikutip dari DigiTimes, sejumlah pemain besar industri smartphone dikabarkan enggan bekerjasama dengan Facebook untuk membuat ponsel model khusus dengan Facebook Home terpasang secara default.

Para pemain besar itu adalah Samsung Electronics, Sony Mobile Communications, Lenovo, ZTE, dan Huawei. Mereka dikabarkan kehilangan selera setelah HTC First -smartphone Facebook Home pertama- gagal di pasaran.

HTC First disebutkan tak laku dijual di pasaran Amerika Serikat oleh distributor eksklusif AT&T, bahkan setelah harganya dipangkas hampir 100 dollar AS. Kegagalan tersebut disinyalir membuat Facebook urung merilis HTC First di benua Eropa.

Samsung sebelumnya telah dikabarkan menolak bekerjasama dengan Facebook membikin ponsel Facebook Home. Adapun para vendor lain memilih sikap "wait and see".

Ketimbang menggunakan Facebook Home di sebuah model khusus, produsen-produsen smartphone itu disebut lebih suka fokus menggarap tampilan dan fungsionalitas skin launcher di produk masing-masing.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com