Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sony Rilis Xperia Z Ultra, Android 6,4 Inci Anti-Air

Kompas.com - 25/06/2013, 16:30 WIB
Didik Purwanto

Penulis

Sony Xperia Ultra Z

SHANGHAI, KOMPAS.com - Sony Mobile memperkenalkan smartphone Android terbarunya, Xperia Z Ultra, pada hari Selasa (25/6/2013) di Shanghai, China.

Sony mengklaim ponsel ini merupakan ponsel dengan layar High Definition (Full HD) tertipis dan sekaligus dengan layar terbesar di dunia saat ini. Dengan modal ketebalan ponsel yang hanya 6,5 mm dan bentang layar 6,4 inci, Sony berani mengklaim sebagai yang tertipis dan terbesar.

Dari sisi perangkat kerasnya, Xperia Z Ultra juga dibekali dengan spesifikasi yang cukup garang. Prosesornya  menggunakan prosesor "quad core" 2,2 GHz dari Qualcomm, Snapdragon 800. Sedang layar jumbonya yang memiliki kerapatan 342 ppi dan mendukung resolusi 1080p (1920x1080) ditenagai GPU Adreno 330 GPU.

Untuk urusan memotret, Xperia Ultra Z dibekali dengan kamera belakang dengan resolusi 8MP dan kamera depan 2MP yang mampu merekam video dengan kualitas HD.

Director of Xperia Marketing Sony Mobile Communications Calum MacDougall mengatakan, ponsel ini termasuk dalam rangkaian produk Xperia Z dengan keunggulan anti-air. Xperia Z bisa digunakan memotret atau merekam video di bawah air sedalam 1,5 meter selama 30 menit.

Selain itu, Xperia Z Ultra juga mengaplikasikan teknologi Triluminos.

"Teknologi ini memungkinkan pengguna bisa menikmati kejernihan layar yang luar biasa karena layar tersebut ditenagai oleh engine gambar X-Reality for mobile terbaru," kata Calum saat konferensi pers di Hotel Jumeirah Shanghai, China, Selasa (25/6/2013).

Calum menambahkan ponsel ini bisa menjadi membangkitkan kejayaan bagi Sony Mobile untuk
menawarkan ponsel-ponsel premium, khususnya di segmen ponsel cerdas dengan layar lebar dan memiliki keunggulan teknologi layar yang mengungguli kompetitornya.

Ponsel layar sentuh ini tetap memiliki sentuhan khas Sony yaitu teknologi Bravia TV. Dengan teknologi X-Reality tersebut, ponsel ini bisa menganalisis setiap gambar dan memproduksi ulang piksel yang kurang untuk mengoptimalkan kualitas demi hasil video super tajam.

Teknologi ini menganalisis elemen sesuai dengan pemandangan dan menyesuaikannya berdasarkan pola, outline, dan komposisi warna.

Selain itu, teknologi ini juga memperkuat pola yang halus dan secara akurat menggambarkan suasana yang mendetail, begitu juga dengan memperkuat outline yang tegas.

"Layar Full HD-nya yang besar telah dioptimalkan untuk mengalami setidaknya 60 persen lebih banyak dari layar pada kebanyakan smartphone lainnya," tambahnya.

Calum menambahkan ponsel berbobot 212 gram memakai bahan material premium. Bagian depan dan bagian belakangnya terbuat dari kaca bertekanan tinggi. Sehingga menciptakan permukaan tanpa tepian dengan panel OptiContrast.

Desainnya masih sama dengan Xperia Z dan Tablet Z, namun ponsel ini memiliki kerangka logam yang lebih solid sehingga bisa menakjubkan dari segala sudut.

Dari sisi kameranya, ponsel ini mengandalkan sensor Exmor RS for mobile yang bisa memberikan pengalaman menangkap gambar super tajam dan mampu mengurangi noise saat dibutuhkan.

Ponsel ini akan tersedia mulai kuartal III-2013.

Spesifikasi ponsel:
Ukuran : 179,4 x 92,2 x 6,5 mm
Berat : 212 gram
OS : Android 4.2 Jelly Bean
Prosesor: Qualcomm Snapdragon 800 2,2 GHz quad-core
Baterai: 3000 mAh
Memori: microSD dapat diekspansi hingga 64 GB
Warna: Hitam dan putih
Kamera : 8 MP, 16 x digital zoom, kamera depan 2 MP (1080p) HD video recording
Kelebihan lain:
IPX5/8 (anti air) & IP5X (bisa digunakan di bawah air sedalam 1,5 meter selama 30 menit), On-screen QWERTY keyboard, Input dengan pensil apapun atau stylus tertentu. 

Sony Xperia Ultra Z.

 

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com