Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

iPad, iPad Mini, dan iPhone, Mana Paling Laku?

Kompas.com - 27/06/2013, 09:08 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com — Konsumen gadget rupanya kepincut dengan iPad Mini. Berdasarkan data Gartner yang dirilis Senin (24/6/2013) lalu, tablet "mungil" ini menyumbang 60 persen dari keseluruhan penjualan perangkat iOS Apple di kuartal pertama 2013, Januari hingga Maret lalu.


iPad Mini yang memiliki bentang layar 7,9 inci ini pun dengan sendirinya bisa dikatakan lebih laku daripada iPad "reguler" (9,7 inci), bahkan iPhone sekalipun.

Seperti dikutip dari Tech Radar, angka tersebut diperoleh dari hasil analisis Gartner atas penjualan perangkat secara global yang mencakup smartphone, tablet, laptop, dan PC desktop.

Kendati iPad Mini telah memberikan dampak besar terhadap penjualan perangkat iOS semenjak pertama diluncurkan, laporan Gartner menunjukkan bahwa platform mobile besutan Apple itu masih terpaut cukup jauh dari Android yang menduduki urutan pertama pangsa sistem operasi global.

Pergeseran tren

Menurut Gartner, di pasaran sedang terjadi perubahan tren di mana konsumen mulai lebih memilih tablet murah dibanding perangkat serupa dari kategori premium. Tablet kelas budget biasanya memiliki ukuran layar 7 atau 8 inci. iPad Mini yang oleh Apple dibanderol mulai 329 dollar AS termasuk dalam golongan ini.

"Semakin banyaknya tablet berharga murah, bersama dengan pergeseran nilai tambah ke sisi software dibanding hardware, akan memperlama masa pakai tablet premium," tulis Direktur Riset Gartner Ranjit Atwal. Artinya, konsumen pemilik tablet premium akan cenderung memakai perangkat itu lebih lama sebelum membeli yang baru.

Tren yang sama diprediksi juga berlaku untuk kategori tablet dan smartphone secara keseluruhan, yang angka permintaannya menurun karena konsumen mulai lebih suka memilih perangkat yang tak harus sering di-upgrade.

"Konsumen menunggu keluarnya smartphone model baru dan penurunan harga yang biasanya terjadi pada musim liburan," tambah Atwal

PC terus turun

Di sisi lain, Gartner juga memprediksi pengapalan PC bakal terus menurun sebesar 10,6 persen tahun ini. Kebalikannya berlaku untuk pasar tablet dan smartphone yang masing-masing diprediksi tumbuh 67,9 persen dan 4,3 persen.

Menariknya, Gartner juga mengamati bahwa Apple adalah produsen yang berhasil meraih pasar di semua kategori perangkat, termasuk PC (Mac), tablet (iPad), dan smartphone (iPhone).

"Saat ini Apple adalah produsen yang kehadirannya terasa homogen di seluruh segmen, sementara 90 persen penjualan Android terjadi di pasar mobile dan 85 persen penjualan Microsoft datang dari pasar PC," ujar Wakil Presiden Riset Gartner Carolina Melanesi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com