Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Windows 8.1 Tiru Langkah Retina Display

Kompas.com - 27/06/2013, 13:45 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Saat ini sudah mulai banyak bermunculan perangkat Windows 8 yang dibekali layar dengan resolusi tinggi, contohnya termasuk Surface Pro, Lenovo ThinkPad Helix, Toshiba Kirabook, dan Dell XPS 12.

Tapi kesemua produk tersebut menghadapi masalah yang sama. Tampilan user interface (GUI) Windows terlihat terlalu kecil karena resolusi yang tinggi. Teks pada layar menjadi sulit dibaca, icon pada layar sentuh pun tak mudah disentuh.

Nah, dengan update Windows 8.1, Microsoft hendak mengatasi kendala ini dengan mengikuti strategi Apple yang menerapkan Retina Display di iPad, iPhone, dan MacBook Pro.

Caranya, menurut direktur tim Windows User Experience Jensen Harris yang dikutip oleh The Verge, adalah dengan melakukan scaling interface Windows 8 hingga 200 persen. Angka tersebut lebih besar dari jumlah 150 persen yang sebelumnya dimungkinkan oleh sistem operasi Windows.

Update ini pun berlaku untuk dua lingkungan pada Windows 8: "Metro" dan desktop. Microsoft akan menggulirkan update untuk Windows Explorer dan aplikasi-aplikasi yang dibuatnya agar mereka bisa menampilkan GUI yang tampil tajam dan berukuran besar.

Seperti yang juga dihadapi Apple dalam proses adopsi Retina Display, Harris mengatakan bahwa akan ada masa transisi sebelum developer aplikasi Windows bisa mengikuti aturan main baru terkait scaling GUI ini.

Seperti Mac OS X besutan Apple, Windows 8.1 pun memungkinkan scaling layar secara independen dalam skenario penggunaan multi-monitor, tak seperti Windows terdahulu yang "memaksakan" pengaturan scaling dari monitor utama ke semua layar sekunder.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com