Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Facebook "Asingkan" Akun Berisi Kekerasan dan Seksual

Kompas.com - 01/07/2013, 14:50 WIB
Deliusno

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Jejaring sosial internet Facebook tidak akan lagi menampilkan iklan pada Pages atau Groups yang mengandung konten kekerasan dan seksual mulai 1 Juli 2013.

Hal ini dilakukan setelah Facebook menerima laporan atas banyaknya akun yang mengandung kekerasan terhadap perempuan.

Facebook akan mengimplementasikan sistem penilaian untuk memisahkan Pages atau Groups yang menampilkan iklan pantas dan tidak pantas. Pada akhir pekan ini, semua iklan akan dihilangkan pada Pages atau Groups yang dinilai menampilkan iklan tidak pantas.

Facebook, yang telah memiliki 1,1 miliar pengguna, menginginkan jejaring sosialnya tetap menjadi tempat aman, dengan pebisnis bisa berinteraksi dan berbagi dengan pelanggan atau penggunanya.

"Facebook berkomitmen untuk melindungi kebebasan berbagi konten, tetapi tetap melindungi masyarakat dan merek dari konten yang tidak pantas," tulis Facebook dalam siaran pers yang diterima KompasTekno.

Iklan selama ini menyumbang 85 persen dari total pendapatan Facebook. Perusahaan mengatakan, kebijakan ini tak akan berdampak pada bisnisnya.

Selain fokus pada konten yang mengandung kekerasan dan seksualitas, Facebook juga fokus memantau dan menghapus komentar atau publikasi yang mengandung kebencian terkait isu jender.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com