Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nokia Lumia Kok Jalankan iOS?

Kompas.com - 12/07/2013, 13:16 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber ENGADGET

KOMPAS.com — Apa jadinya kalau smartphone Nokia Lumia yang berbasis Windows Phone malah menjalankan sistem operasi iOS? Itulah yang tampaknya "berhasil" dilakukan oleh Pemerintah Amerika Serikat.

Dalam sebuah iklan layanan masyarakat tentang alat keselamatan yang ditayangkan di negeri Paman Sam ini, tampak sebuah smartphone Nokia Lumia berwarna biru muda, lengkap dengan logo Windows di bagian depan.

Smartphone tersebut lantas menampilkan peringatan tornado dari Badan Federal Manajemen Darurat (FEMA) sebagai bagian dari kampanye keselamatan. Dengan meneruskan pesan lewat smartphone, diharapkan warga negara bisa memperoleh informasi bencana dengan cepat.

Akan tetapi, seperti dikutip dari Engadget, bila dicermati lebih jauh, yang ditampilkan di layar Lumia 920 ketika menampilkan peringatan tornado dalam iklan bukanlah sistem operasi Windows Phone, melainkan interface lockscreen di sistem operasi iOS 6 yang notabene dipakai oleh iPhone.

Entah ponsel pintar Windows Phone yang bersangkutan benar-benar dibuat menjalankan iOS ataukah hal tersebut merupakan hasil pengeditan saja.

Yang jelas, FEMA sengaja mengganti tampilan OS Microsoft dengan milik Apple. Apakah Nokia Lumia dipandang fotogenik tetapi mengusung sistem operasi yang kurang familiar tampilannya?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber ENGADGET


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com