Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasar PC Melorot "Dua Digit"

Kompas.com - 15/07/2013, 13:15 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - Memasuki kuartal kedua tahun ini, pasar PC tercatat kembali mengalami penurunan. Lembaga riset Gartner mengungkapkan bahwa terdapat penurunan year-over-year sebesar 10,9 persen. Penurunan dua digit ini bukan pertama kali terjadi.

Menurut data Gartner, sebanyak 76 juta unit PC dikapalkan di seluruh dunia pada kuartal kedua 2013. Produsen PC yang paling terkena imbas dari kian lesunya pasar PC tersebut adalah Acer dan Asus.

Acer mencatat penurunan angka shipment sebesar 35,5 persen sementara Asus 20,5 persen.

Urutan teratas pasar PC masih diduduki oleh Lenovo dengan pangsa 16,7 persen. Akan tetapi, bahkan produsen terbesar asal China ini pun mengalami penurunan 0,6 persen.

Gadget mobile kembali dituding sebagai biang keladi penurunan pasar PC. "Kami melihat bahwa turunnya pasar PC berhubungan langsung dengan jumlah unit yang telah beredar. Tablet murah menggeser PC low-end untuk kegiatan konsumsi konten," ujar kepala analis Gartner Mikako Kitagawa, seperti dikutip oleh The Inquirer.

Menurut dia, tablet murah telah menjadi pilihan utama untuk konsumen di negara-negara berkembang sehingga menghambat penjualan PC. "Ini juga menyebabkan matinya pasar notebook kecil."

Gartner juga menyebutkan bahwa peluncuran prosesor Intel Core Generasi ke-4 (Haswell) juga berkontribusi terhadap penurunan karena para vendor harus memotong angka pengkapalan untuk memberi ruang bagi perangkat-perangkat yang mengusung prosesor baru tersebut.

Di sisi lain, Gartner mengatakan bahwa pengguna laptop turut beralih ke tablet. Jika ini benar, maka boleh jadi Haswell tidak akan berbuat banyak untuk mendongkrak penjualan PC, meskipun angka pengkapalan bisa naik karena vendor berusaha menstimulasi permintaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com