Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Maling iPhone "Campakkan" Samsung Galaxy

Kompas.com - 15/07/2013, 19:23 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com — Entah sengaja memberi pesan berbau sindiran atau memang ceroboh, seorang maling meninggalkan smartphone Samsung Galaxy miliknya setelah mencuri beberapa iPhone dari sebuah toko.

Seperti dikutip dari The Washington Post, Travis Montgomery Snyder, si pencuri itu, pada 19 Februari lalu membobol toko telekomunikasi DMW Wireless di kota Springfield, Amerika Serikat, dan membawa kabur sejumlah iPhone.

Polisi yang kemudian datang ke tempat kejadian perkara (TKP) menemukan smartphone Samsung Galaxy milik Snyder tertinggal atau sengaja ditinggal di lokasi. Perangkat itu tertimbun pecahan kaca di pintu masuk toko.

Pihak otoritas melacak data pelanggan ponsel Galaxy yang bersangkutan, lalu menciduk Snyder di kota Remington, negara bagian Virginia, Senin (8/7/2013) lalu.

Snyder juga sempat terekam oleh kamera keamanan dalam toko yang dibobolnya. Setelah dicocokkan, ternyata profil maling dalam video sesuai dengan pria berusia 25 tahun itu.

Ponsel pintar iPhone kerap menjadi target pencurian karena nilai jualnya tinggi dan gampang diuangkan.

Untuk mengurangi angka kejahatan terkait perangkat tersebut, di sistem operasi mobile iOS 7 terbarunya, Apple menerapkan kunci aktivasi yang mencegah maling iPhone me-reset ponsel sebelum menjualnya kepada orang lain.

Kunci aktivasi ini memanfaatkan teknologi iCloud yang akan meminta akun dan kata kunci pemilik perangkat sebelum bisa kembali aktif, bahkan jika sebelumnya telah coba di-wipe.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com