Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Operator Seluler Rusia Berhenti Jual iPhone

Kompas.com - 18/07/2013, 15:42 WIB
Aditya Panji

Penulis

Sumber Reuters
KOMPAS.com — Vimpelcom, salah satu operator seluler terbesar di Rusia, dikabarkan tidak akan lagi menjual ponsel pintar Apple iPhone, Rabu (17/7/2013). Sebelumnya, dua operator seluler di negara tersebut juga sudah berhenti menjual iPhone.

Financial Times melaporkan, Vimpelcom mengakhiri kerja sama penjualan iPhone mulai Juli 2013. Penyebabnya, Apple tidak mau mempermudah syarat kontrak, sementara Vimpelcom tidak dapat memenuhi syarat yang ditetapkan Apple.

Apple memasang syarat ketat bagi operator seluler yang ingin menjadi mitranya. Apple meminta operator memasarkan produknya dan memberi subsidi harga. Namun, tidak ada subsidi perangkat telekomunikasi di Rusia sehingga membuat harga iPhone jadi mahal.

Dua operator seluler lain di Rusia, MTS dan Megafon, sudah cukup lama tidak menjalin kerja sama dengan Apple.

Seorang wakil MTS mengatakan kepada Reuters bahwa kerja sama perusahaan untuk menjual iPhone sudah berakhir pada September 2012 sehingga MTS tidak menjual ponsel terbaru iPhone 5. Meski demikian, MTS masih menjual iPhone generasi lama selagi persediaan masih ada.

Meski tidak menjual iPhone, MTS saat ini masih menjual komputer tablet iPad karena mereka melihat potensi besar produk tersebut di Rusia.

Sementara itu, Juru Bicara Megafon mengatakan bahwa mereka tidak menjual iPhone sejak 2009 silam.

Meski operator seluler tidak mendukung penjualan iPhone, produk ini masih dijual di toko ritel. Di Rusia, Apple tidak memiliki pangsa pasar yang besar, hanya 4,5 persen dari pasar ponsel pintar setempat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Reuters
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com