Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menatap Masa Depan Komputasi Awan

Kompas.com - 22/07/2013, 12:26 WIB
Langit berawan

Penulis: Damien Wong*

KOMPAS.com - Hari-hari belakangan ini, hampir semua orang tahu bahwa cloud adalah salah satu tren utama yang mendorong komputansi untuk dekade ini. Menurut lembaga penelitian Forrester, pasar cloud global diperkirakan akan tumbuh dari US$40,7 miliar di 2011 menjadi lebih dari US$ 241 miliar di 2020, artinya terjadi peningkatan lebih dari 600%.
 
Cloud pun sudah diterima dalam percakapan sehari-hari – kita tak lagi berandai-andai soal apa itu cloud dan apa manfaatnya, kini yang dibicarakan adalah hal-hal praktis tentang cara mencapai visi cloud yang ideal itu.

Salah satu konsep yang dalam setahun belakangan banyak mendapat perhatian adalah hybrid cloud.

Sebuah layanan yang menggabungkan antara private dan public cloud, hybrid cloud adalah langkah selanjutnya saat kita berbicara soal cloud. Sebuah hybrid cloud yang dirancang dengan baik akan memungkinkan perusahaan memanfaatkan skalabilitas dan efisiensi biaya dari layanan public cloud, namun tetap mempertahankan tata kelola data, keamanan dan kendali dari sebuah layanan private cloud.

Saat dibangun dengan benar, hybrid cloud memberikan sebuah keunggulan strategis bagi bisnis dengan cara mengalihkan sumberdaya dari pengadaan TI yang terkotak-kotak ke inovasi layanan. Saat Anda melahirkan sebuah lingkungan hybrid di mana layanan yang ada saling berbicara – bukan hanya berdiri sendiri – maka Anda akan membangun sebuah jalinan layanan yang kaya dan memikat bagi pengguna, baik pelanggan, internal ataupun layanan yang bisa diakses umum.

Masa Depan itu Terbuka

Kami percaya, cara paling tepat untuk menerapkan visi ini adalah dengan hybrid cloud yang terbuka.

Apa yang dimaksud dengan Open Hybrid Cloud bukan sekadar teknologi atau spesifikasinya. Ini lebih dari sekadar rekanan yang saling mengumumkan dukungan mereka pada platform teknologi tertentu, maupun diajukannya sebuah format ke lembaga standar terbuka.

Open Hybrid Cloud merupakan sebuah visi menciptakan lingkungan cloud terbuka untuk mencapai fleksibilitas, portabilitas dan inovasi.

Kami percaya, Open Hybrid Cloud memiliki karakteristik berikut ini:

Sifatnya Open Source

Tidak mau terkunci dalam sebuah roadmap bisnis dan teknologi dari vendor TI tertentu? Jika Anda ingin memiliki kendali pada nasib TI Anda dan memiliki pengetahuan penuh pada teknologi di balik bisnis anda, jelas tak ada pilihan lain selain Open Source.

Open Source memungkinkan Anda melakukan kolaborasi dan terhubung dengan komunitas yang bergairah yang akan menjadi pendorong dan pemimpin inovasi. Inovasi yang cepat ini bisa jadi keunggulan strategis bagi perusahaan Anda.

Memiliki komunitas yang kaya, kokoh dan independen

Open Source itu tak semata-mata soal lisensi kode atau teknologinya – jantungnya adalah orang-orang yang ada di belakangnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com