Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siri "Dipermalukan" di Iklan Microsoft

Kompas.com - 23/07/2013, 10:10 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber CNET

KOMPAS.com — Seakan tak kenal lelah mengejek iPad yang menjadi rival besarnya di ranah komputer tablet, Microsoft kembali mengeluarkan iklan berbau ejekan terhadap perangkat bikinan Apple itu.

Seperti dikutip dari Cnet, kali ini yang menjadi bulan-bulanan adalah teknologi personal assistant Siri yang terdapat di iPad. Diceritakan bahwa Siri tak berdaya melawan tablet Surface RT bikinan Microsoft sendiri karena tak memiliki sejumlah fitur yang diusung tablet berbasis Windows RT tersebut.

"Maaf, saya tak memiliki port USB… " ucap Siri dengan suara wanita yang identik dengan layanan tersebut ketika pengguna mencoba menancapkan USB flashdrive. Microsoft juga menyoroti beberapa kekurangan lain dari iPad dibandingkan Surface RT, yaitu tidak adanya kickstand dan keyboard cover.

Tak lupa, Microsoft juga menyertakan perbandingan harga iPad dan Surface RT. "Apakah saya masih terlihat 'cantik' untuk Anda?" tanya Siri pada akhir iklan. Simak video selengkapnya di bawah ini.

Tak laku

Meski memiliki sejumlah fitur ekstra yang tak ditemukan pada iPad, nyatanya kiprah Surface RT di pasaran tidak menggembirakan dibandingkan tablet bikinan Apple itu.

Dalam laporan keuangan terbarunya yang dirilis minggu lalu, Microsoft mengalami penurunan nilai buku sebesar 900 juta dollar AS gara-gara stok Surface RT yang menumpuk di gudang.

Microsoft disinyalir baru berhasil menjual sekitar 260.000 unit Surface RT sejak pertama diluncurkan November 2012 lalu hingga saat ini. Angka tersebut sangat kecil, bahkan jika dibandingkan dengan "saudaranya" sendiri, yaitu tablet Surface Pro yang diperkirakan terjual 750.000 unit.

Raksasa software itu pun berinisiatif memangkas harga Surface RT sebesar 150 dollar AS dari harga awal sebesar 499 dollar AS (versi 32GB) agar tablet tersebut bisa lebih laku di pasaran.

Di sisi lain, Apple telah berhasil menjual lebih dari 100 juta unit tablet iPad yang hingga kini masih menjadi produk dengan pangsa terbesar di pasar tablet (39,6 persen, menurut data kuartal pertama IDC).

Meski demikan, Microsoft menyatakan bakal tetap berkomitmen 100 persen terhadap tablet Surface RT dan sistem operasi Windows RT yang diusungnya serta tak berencana menghentikan produk-produk itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNET


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com