Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seperti Apa Jam Tangan Pintar Buatan Apple?

Kompas.com - 23/07/2013, 11:40 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber Forbes

KOMPAS.com — Apple dikabarkan tengah "serius" menggarap proyek jam tangan pintar yang disinyalir bernama "iWatch". Tak tanggung-tanggung, dalam upayanya, produsen gadget populer dikabarkan ini merekrut sejumlah ahli dari berbagai bidang untuk memastikan suksesnya iWatch.

Orang-orang yang turut dilibatkan dalam proyek iWatch antara lain mantan CEO Yves T Laurent Paul Deneve dan Jay Blahnik yang berperan besar mengembangkan gelang fitness Fuel Band dari Nike.

Dengan semua proses pengembangan yang sedang berjalan, waktu rilis iWatch diperkirakan bakal tertunda hingga menjelang akhir 2014. Tetapi, Anthony Wing Kosner dari Forbes berpendapat bahwa  penundaan tersebut bukan hal buruk, melainkan pertanda bahwa Apple memang benar-benar mengerahkan segenap daya dan upaya untuk membuat produk terobosan seperti halnya iPhone.

Dari nama-nama yang terlibat dalam proyek iWatch, berikut komentar CEO Apple Tim Cook tentang perangkat tersebut. Diperkirakan iWatch akan berupa alat jam tangan yang bisa melakukan banyak hal serta terbungkus dalam kemasan mewah.

Gambar konsep yang dibuat oleh Martin Hayek di bawah mengilustrasikan kemungkinan bentuk akhir perangkat itu yang diperkirakan melebur elemen-elemen high-tech dan kemewahan, tetapi tetap memiliki rupa tradisional.

Martin Hayek
Gambar konsep jam tangan pintar Apple iWatch hasil rekaan Martin Hayek

Hayek menggarisbawahi perbedaan antara iWatch dengan Google Glass, di mana Google Glass merupakan produk yang "mengganggu" dengan mengharuskan pengguna mengubah penampilannya dengan alat tersebut. Di sisi lain, iWatc, tak ubahnya jam tangan biasa. Dalam konsep gambar buatan Hayek pun, iWatch bisa salah disangka sebagai jam analog.

Biarpun begitu, Apple disebut tetap akan sangat memperhatikan aspek desain iWatch. Cangkang perangkat ini, misalnya, disinyalir akan dibuat dengan bahan likuid metal yang tangguh, sementara bagian layar juga akan tahan gores.

Di sisi lain, para pesaing Apple tidak tinggal diam. Berbagai produsen, mulai dari Samsung hingga Microsoft, dikabarkan sibuk mengembangakan produk jam tangan pintar masing-masing. Kira-kira apa yang bakal ditawarkan Apple untuk membedakan iWatch dari produk sejenis? Mari kita tunggu kemunculannya di 2014.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Forbes
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com