Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

iPad dan iPod Melambat, iPhone Juara

Kompas.com - 24/07/2013, 10:49 WIB
Deliusno

Penulis

KOMPAS.com - Perangkat pemutar multimedia milik Apple, iPod, mencapai titik terendahnya pada kuartal ketiga tahun 2013. Dalam laporan keuangan yang baru saja diumumkan oleh Apple, Rabu (24/7/2013), iPod mencatat rekor penjualan tahunan (year-on-year/kuartal yang sama tahun lalu) terburuk, yaitu hanya 4,57 juta unit atau menurun sekitar 32 persen.

iPod memang sempat menjadi produk primadona bagi Apple. Perangkat ini mendatangkan begitu banyak uang bagi Apple. Namun, di kuartal ini, seperti dikutip dari The Next Web, pendapatan Apple dari produk ini secara tahunan menurun hingga 31 persen.

Tren penurunan perangkat tersebut sebenarnya sudah terlihat dari beberapa kuartal belakangan ini. Pada bulan Januari 2013 lalu, penjualannya menurun hingga 18 persen, jika dibandingkan kuartal yang sama pada tahun sebelumnya.

Di tahun 2011, iPod juga pernah mengalami penurunan yang nyaris sama hebatnya dengan kuartal kali ini. Mereka mendapatkan penurunan hingga 24 persen di kuartal 4 2011.

Di saat iPod terus mengalami penurunan, penjualan iPhone malah meningkat drastis, bahkan berhasil melebihi prediksi dari pengamat.

Industri memperkirakan iPhone akan laku terjual sebanyak 26,57 juta hingga 27,89 juta unit pada kuartal 3 tahun 2013. Pada kenyataannya, Apple berhasil menjual 31,2 juta perangkat iPhone. Angka tersebut mengalami peningkatan sebesar 20 persen secara tahunan.  

"Kami khususnya sangat bangga dengan penjualan iPhone pada laporan kuartal Juni yang melebihi 31 juta unit," kata CEO Apple Tim Cook.

Sementara itu, iPad juga mengalami sedikit penurunan. Apple hanya berhasil menjual 14,6 juta unit iPad di kuartal tersebut. Tahun lalu, di kuartal yang sama, Apple berhasil menjual unit iPad lebih banyak, yaitu 17 juta unit atau penurunan tahunan sebesar 14,1 persen.

Penjualan komputer Mac juga sedikit menurun, dari 4 juta di tahun lalu, menjadi 3,8 juta unit di kuartal 3 tahun 2013.

Pendapatan Apple sendiri sedikit meningkat dari tahun lalu. Di kuartal ini, Apple melaporkan pendapatan sebesar 35,3 miliar dollar AS, meningkat dari 35 miliar pada kuartal yang sama tahun lalu.

Dari pendapatan tersebut, Apple memperoleh untung bersih sebesar 6,9 miliar dollar AS, menurun dari 8,8 miliar dollar AS pada tahun lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com