Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BBM Sering "Error", Menkominfo Sarankan Pengguna Beralih

Kompas.com - 30/07/2013, 12:11 WIB
Ihsanuddin

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Tifatul Sembiring turut berkomentar mengenai layanan BlackBerry Messengger (BBM) yang sering tumbang belakangan ini.

Menurutnya, jika masyarakat terganggu dengan tumbangnya layanan BBM, maka mereka tinggal menggantinya dengan opsi lain.

"Kita tanya mereka (BlackBerry) katanya sedang meng-update. Kalo saya sih terserah pelanggan saja, kalau tidak suka ganti saja, tidak usah repot," ujar Tifatul seusai apel besar kesiapan menjelang Lebaran di halaman Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) Jakarta, Senin (29/7/2013).

Menurut Tifatul, selama suatu produk tidak melanggar undang-undang, seburuk apa pun layanannya, Kemenkominfo tidak bisa memberikan sanksi apa pun. Oleh karena itu, menurutnya masyarakat sebagai konsumen-lah yang harus memberikan sanksi kepada BlackBerry.

"Konsumen harus memberi punishment langsung kepada mereka (BlackBerry), lagipula kan masih banyak opsi lain," jelasnya.

Dengan sanksi langsung yang diberikan oleh konsumennya, Tifatul berharap layanan chatting yang ramai dipergunakan di Indonesia itu mau berbenah diri. Dengan begitu, tidak akan lagi ada kasus layanan BBM tumbang di kemudian hari.

Di tahun 2013, layanan BlackBerry tercatat mengalami gangguan sebanyak dua kali, pada 12 Mei dan 3 Juli 2013. Sementara di 2012, BlackBerry mengalami tiga kali gangguan, yakni di bulan Maret, Agustus, dan Oktober 2012.

Ikuti perkembangan berita ini di topik:
Gangguan Layanan Internet

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com