Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sony dan Panasonic Kembangkan "Blu-ray" 300 GB

Kompas.com - 31/07/2013, 12:30 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber Geek.com

KOMPAS.com - Media cakram optis yang memiliki kapasitas penyimpanan tertinggi saat ini adalah Blu-ray dengan ruang simpan sebesar 25 GB atau 50 GB untuk versi dual-layer. Ada pula varian BDXL yang meningkatkan daya tampung data menjadi 128 GB.

Akan tetapi, kapasitas tersebut rupanya masih dipandang kurang oleh Sony dan Panasonic. Seperti dikutip dari Geek.com, dua perusahaan ini belakangan menjalin kerjasama untuk mengembangkan standar baru untuk media optis generasi berikutnya.

Kapasitas yang dicari tak tanggung-tanggung, yaitu paling tidak sebesar 300 GB. Rencananya, "penerus" Blu-Ray ini udah akan siap menjelang akhir tahun 2015.

Meskipun media penyimpanan lain seperti hard disk eksternal, USB flashdrive, dan cloud storage telah banyak berkembang dan digunakan, media optis dipandang masih diperlukan untuk keperluan tertentu.

Sony memberi contoh pengarsipan data, produksi video, penyiaran, dan data center cloud yang membutuhkan media optis berkapasitas besar. Ongkos produksi cakram optis juga relatif murah, sementara produknya sendiri bisa bertahan lama.

Di industri film, perlahan tapi pasti mulai terjadi pergesaran ke format video 4K yang membutuhkan media penyimpanan berukuran besar. Contohnya saja, film 4K pertama yang bisa diunduh (TimeScapes) ukurannya mencapai 120 GB.

Sony dan Panasonic bukan yang pertama berencana membikin cakram optis berkapasitas ekstra lega. Pada 2008 silam, Pioneer sempat menunjukan disc Blu-ray yang mampu menampung data sebesar 400GB dalam 16 layer yang masing-masing memuat 25GB.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Geek.com
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com