Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Google Glass Kurang dari Rp 5 Juta?

Kompas.com - 13/08/2013, 07:37 WIB
Deliusno

Penulis

KOMPAS.com - Kacamata pintar Google Glass versi komersil diprediksi tidak akan dibanderol dengan harga yang mahal. Menurut seorang analis, perangkat masa depan ini bisa saja dijual dengan harga hanya 300 dollar AS atau sekitar Rp 3 juta.

Prediksi tersebut diutarakan oleh lembaga riset asal Taiwan, Topology Research Institute. Perkiraan harga ini berdasarkan dari harga komponen yang disinyalir akan digunakan Google Glass nantinya. Komponen proyektor mini ini dibuat oleh perusahaan Himax Display dan memiliki harga antara 30 hingga 35 dollar AS saja. 

Harus diingat, ini baru prediksi dari analis, bukan pernyataan resmi dari Google. Oleh karena itu, harga yang ditetapkan nantinya kemungkinan akan berbeda.

Google tampaknya akan memilih Himax Display untuk menyuplai komponen tersebut. Prediksi tersebut diambil mengingat Google memiliki saham yang cukup besar di perusahaan asal Taiwan ini, yaitu sebesar 6,3 persen. Saham tersebut dibelinya pada 22 Juli 2013 yang lalu.

Tidak disebutkan rincian harga komponen lainnya. Namun, salah satu komponen termahal yang ada di produk tersebut adalah proyektornya. Kemungkinan besar, komponen lain tidak akan memiliki harga yang jauh berbeda.

"Kami percaya perangkat wearable akan menghadapi gelombang peningkatan pertama dalam tiga tahun awal karena fitur inovatifnya, dan kemudian akan mengalami peningkatan besar di fase berikutnya saat pasar ini sudah lebih siap," kata Jason Tsai, Chief Topology Research, seperti dikutip dari Phone Arena, Senin (12/8/2013).

Google sendiri sudah merilis Google Glass, tetapi hanya untuk kalangan terbatas saja, yaitu developer. Harganya pun sangat tinggi, 1.500 dollar AS atau sekitar Rp 15 juta. Produk ini pun tidak bisa diperjualbelikan secara bebas karena masih berupa purwarupa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com