Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Perusahaan Teknologi Bersatu di "Internet.org"

Kompas.com - 21/08/2013, 12:13 WIB
Aditya Panji

Penulis


KOMPAS.com - CEO Facebook Mark Zuckerberg, meluncurkan proyek Internet.org yang membawa visi membuat semua orang di planet Bumi terhubung dengan koneksi internet, Rabu (21/8/2013).

Zuckerberg akan menggandeng perusahaan teknologi lain untuk mendukung visi tersebut.

Saat ini, Internet.org didukung oleh perusahaan teknologi yang fokus pada industri perangkat mobile, seperti Ericsson, MediaTek, Opera Software, Samsung, Nokia, dan Qualcomm.

Mereka akan bekerjasama menghadirkan "surga" internet alias internet cepat dengan teknologi kompresi data yang andal dan akses internet yang murah, serta ponsel pintar berkualitas tinggi.

Menurut data Internet.org, saat ini ada 2,7 miliar orang memiliki akses internet. Lebih dari dua per tiga penduduk dunia tidak memiliki akses internet. Nah, proyek Internet.org ingin membawa 5 miliar orang terhubung dengan internet.

Yang menarik, situs yang beralamat di http://www.internet.org tersebut langsung menampilkan informasi dalam bahasa Indonesia.

"Ada hambatan besar di negara berkembang untuk menghubungkan dan menggabungkan ekonomi pengetahuan. Internet.org menyatukan kemitraan global yang akan bekerja untuk mengatasi tantangan-tantangan ini," ujar Zuckerberg dalam siaran pers.

Produsen ponsel Nokia asal Finlandia, menyambut baik proyek ini. "Selama bertahun-tahun, Nokia telah menghubungkan lebih dari satu miliar orang. Akses internet universal akan menjadi revolusi industri besar berikutnya," kata CEO Nokia Stephen Elop.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com